Nisa, Rafiatun (2018) Aktivitas peserta didik mengikuti program M3 (Meeting, Morning, Mentoring)hubungannya dengan motivasi belajar PAI: Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMP Al Amanah Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi atas studi pendahuluan di lapangan dengan jalan observasi secara langsung kepada guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa yang bersangkutan, bahwa melihat fenomena dilapangan motivasi belajar siswa-siswi ini secara umum sudah bagus, ini terlihat saat siswa-siswi mengikuti program M3 (Meeting, Morning, Mentoring), mereka sangat antusias dan merespon ketika ada tanya jawab wali kelas dengan peserta didik. Sebelum adanya program M3 (Meeting, Morning, Mentoring) ini, rata-rata ada saja siswa yang masih memakai atribut sekolah yang tidak lengkap, rambut yang tidak sesuai dengan aturan sekolah, motivasi belajar stagnan hingga menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Realitas Aktivitas Peserta Didik Mengikuti Program M3 (Meeting, Morning, Mentoring) pada kelas VIII SMP Al Amanah Cileunyi; (2) Realitas Motivasi Belajar PAI Pada kelas VIII SMP Al Amanah Cileunyi; (3) Realitas Hubungan antara Aktivitas Peserta Didik Mengikuti Program M3 (Meeting, Morning, Mentoring) Hubungannya dengan Motivasi Belajar PAI. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa, Motivasi belajar PAI salah satunya di pengaruhi oleh aktivitas peserta didik mengikuti program M3 (Meeting, Morning, Mentoring). Dari asumsi tersebut dapat diajukan hipotesis, semakin tinggi aktivitas peserta didik mengikuti program M3 (Meeting, Morning, Mentoring) maka semakin baik pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, yaitu data berupa angka-angka. Alat pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu berupa angket, observasi, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan analisis datanya yaitu menggunakan analisis statistik untuk data kuantitatif, dan analisis logika untuk data kualitatif. Subjek/ responden dalam penelitian ini berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) aktivitas peserta didik mengikuti Program M3 (Meeting, Morning, Mentoring) termasuk pada kategori sangat tinggi, yaitu dengan skor 3,43 yang berada pada interval 3,40 – 4,19; (2) Realitas motivasi belajar PAI termasuk pada kategori tinggi, dengan nilai rata-rata 3,47 yang berada pada interval 3,40 – 4,19; Adapun (3) Hubungan keduanya adalah (a) koefisien korelasinya termasuk pada kategori tinggi skor 0,68, antara 0,60 – 0,69; (b Hipotesis Diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Variabel X (Aktivitas Peserta Didik Mengikuti Program M3 (Meeting, Morning, Mentoring) dengan variabel Y (Motivasi Belajar PAI); dan (c) Variabel aktivitas terhadap motivasi belajar sebesar 27%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas peserta didik; motivasi belajar PAI; peserta didik; |
Subjects: | Causation Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rafiatun Nisa Rafiatun |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 07:51 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 07:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15262 |
Actions (login required)
View Item |