Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match (MAM) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Vertebrata: Penelitian Pre-Eksperimen pada Siswa di Kelas X SMAN 26 Kota Bandung

Alamsyah, Bagas Rizki (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match (MAM) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Vertebrata: Penelitian Pre-Eksperimen pada Siswa di Kelas X SMAN 26 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa terhadap nilai Biologi kelas X menunjukkan rata-rata nilai Biologi berada dibawah nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, keterlaksanaan dan menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan model Make a Match pada materi vertebrata. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas, yaitu X MIPA 2 dan X MIPA 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi RPP 88,19% sedangkan LDPD 88,33% dengan kriteria layak digunakan; (2) keterlaksanaan pembelajaran model Make a Match untuk aktivitas guru di kelas X MIPA 2 rata-rata mencapai 100% dan X MIPA 3 rata-rata mencapai 100% serta aktivitas siswa di kelas X MIPA 2 rata-rata mencapai 88,89% dan X MIPA 3 rata-rata mencapai 91,11%; (3) hasil analisis belajar siswa dengan menerapkan model Make a Match memperoleh persentase ketuntasan KKM ≥ 50%. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas X MIPA 2 menunjukkan nilai thitung (10,58) > ttabel (2,04), dan pada kelas X MIPA 3 nilai thitung (9,52) > ttabel (2,04), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Make a Match dapat membantu hasil belajar siswa secara signifikan pada materi vertebrata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Make a Match; Perencanaan; Pelaksanaan; Hasil Belajar
Subjects: Natural Science
Education, Research
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Chordata, Vertebrates
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Bagas Rizki Alamsyah
Date Deposited: 10 Oct 2018 06:29
Last Modified: 10 Oct 2018 06:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15343

Actions (login required)

View Item View Item