Penerapan metode dakwah mau'izhah hasanah dalam meningkatkan akhlak anak jalanan: studi deskriptif pada komunitas peduli pendidikan anak jalanan Jl. Agraria 1 Rt01/26 Perumnas 1 - Kota Bekasi

Labibah, Roihanah (2018) Penerapan metode dakwah mau'izhah hasanah dalam meningkatkan akhlak anak jalanan: studi deskriptif pada komunitas peduli pendidikan anak jalanan Jl. Agraria 1 Rt01/26 Perumnas 1 - Kota Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Metode dakwah adalah suatu cara menyampaikan dakwah oleh seorang da’i kepada audience atau mad’u. Dalam menyampaikan dakwah dimana seorang da’i diharuskan mengenal terlebih dahulu kondisi mad’u, hal ini bertujuan untuk memperoleh cara atau metode yang tepat untuk dipersembahkan kepada mad’u. Koppaja (Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan) ialah komunitas yang didirikan oleh Krisna pada tahun 2014 dan sekretariat Koppaja di Perumnas 1, Bekasi Barat. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui diantara 3 (tiga) metode dakwah seperti hikmah, mau’izhah hasanah, dan mujadalah, bahwa metode mau’izhah hasanah yang paling cocok untuk diterapkan kepada anak jalanan. Manfaat penelitian ini umumnya menambah relawan untuk bergabung dalam Koppaja dan khususnya menjadikan anak-anak jalanan berpengetahuan dan berakhlakul karimah. Penilitian ini selain mengacu pada QS An-Nahl ayat 125 yang menjelaskan tentang 3 (tiga) metode dakwah, dalam keberhasilan aktivitas dakwah kepada anak jalanan dalam perubahan akhlak mengacu pada model Jalaludin Rahmat mengenai 5 tanda keberhasilan aktivitas dakwah yakni: menimbulkan pengertian, menimbulkan kesenangan, menimbulkan pengaruh, hubungan yang makin baik dan menimbulkan tindakan atau respon. Hasil penelitian penerapan metode dakwah hikmah, mau’izhah hasanah dan mujadalah diaplikasikan dengan melihat bagaimana kondisi mad’u. Menerapkan metode mau’izhah hasanah kepada anak jalanan merupakan metode awal atau langkah awal untuk mengajak anak-anak jalanan mengenal Islam lebih dalam dan mengaplikasikannya dalam memperbaiki akhlak. Karena dilihat dari mau’izhah hasanah secara Bahasa merupakan sebuah nasihat yang baik, dimana anak-anak jalanan sangan membutuhkan hal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mau’izhah hasanah dengan 3 (tiga) cara seperti penerapan nasihat dengan kata-kata mendatar, penerapan dengan intruksi dan penerapan dengan metode kisah merupakan sebuah cara untuk membantu dalam memperbaiki akhlak anak-anak jalanan dalam Koppaja (Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan). Kata Kunci (Metode Mau’izhah Hasanah, Anak Jalanan, Akhlak)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Mau’izhah Hasanah; Anak Jalanan; Akhlak
Subjects: Religious Education
Communities > Socialist Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Roihanah Labibah
Date Deposited: 11 Oct 2018 01:45
Last Modified: 11 Oct 2018 01:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15355

Actions (login required)

View Item View Item