Hanifa, Viani Nur (2018) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa SMP melalui pembelajaran active learning tipe the power of two: penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMPN 17 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (524kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran active learning tipe The Power of Two. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh sampel yaitu kelas VIII-G dan VIII-I. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal pemecahan masalah matematis dan non-tes yaitu angket disposisi matematis. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh : (a) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas active learning tipe The Power of Two mengalami peningkatan dengan kategori sedang. (b) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas pembelajaran konvensional mengalami peningkatan dengan kategori sedang. (c) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran active learning tipe The Power of Two dan pembelajaran konvensional. (d) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran active learning tipe The Power of Two dan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang dan rendah). (e) disposisi matematis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran active learning tipe The Power of Two memiliki persentase sikap positif sebesar 89%, sedangkan disposisi matematis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki persentase sikap positif sebesar 84%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran active learning tipe the power of two; pemecahan masalah matematis; disposisi matematis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | viani hanifa |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 06:25 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 06:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15385 |
Actions (login required)
View Item |