Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa SMP melalui pembelajaran active learning tipe the power of two: penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMPN 17 Bandung

Hanifa, Viani Nur (2018) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa SMP melalui pembelajaran active learning tipe the power of two: penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMPN 17 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran active learning tipe The Power of Two. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh sampel yaitu kelas VIII-G dan VIII-I. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal pemecahan masalah matematis dan non-tes yaitu angket disposisi matematis. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh : (a) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas active learning tipe The Power of Two mengalami peningkatan dengan kategori sedang. (b) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas pembelajaran konvensional mengalami peningkatan dengan kategori sedang. (c) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran active learning tipe The Power of Two dan pembelajaran konvensional. (d) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran active learning tipe The Power of Two dan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM (tinggi, sedang dan rendah). (e) disposisi matematis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran active learning tipe The Power of Two memiliki persentase sikap positif sebesar 89%, sedangkan disposisi matematis siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki persentase sikap positif sebesar 84%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran active learning tipe the power of two; pemecahan masalah matematis; disposisi matematis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: viani hanifa
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:25
Last Modified: 15 Oct 2018 06:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15385

Actions (login required)

View Item View Item