sri wahyuni, deti (2018) Penerapan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi siswa Madrasah Aliyah Tarbiyatul Mutaalimin Pagaden untuk melanjutkan pendidikan ke Pergurun Tinggi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. tidak seimbangnya lapangan pekerjaan dengan jumlah penduduk di Indonesia, maka sumber daya manusia nya yang harus di tingkatkan. Pendidikan yang tinggi secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa madrasah aliyah tarbiyatul mutaalimin pagaden Subang. Konseling humanistik menurut abraham maslow digunakan untuk pengembangan diri melalui potensi yang ada dalam diri untuk mencapai tahapan aktualisasi diri. Metode yang digunakan dengan cara deskriptif dan pendekatan kualitatif. Pegumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara unitisasi data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi pada siswa siswadengan sasaran siswa kelas XII dengan menggunakan metode latihan dengan materi yang diberikan mengenai meningkatkan motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan nya.. Hasil yang didapat dari layanan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi pada siswa mengalami peningkatan, baik dari pengetahuan, antusias siswa dan minat dari siswa untu mengikuti setiap sesi dan meningkatkan motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dibutuhkan siswa untuk menumbuhkan minat dalam diri siswa untuk meneuskan pendidikan sehingga tahap aktualisasi diri bisa tercapai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konseling;humanistik;maslow |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | DETI SRI WAHYUNI |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 07:11 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 07:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15403 |
Actions (login required)
View Item |