Manajemen pendidikan akhlak dan kontribusinya terhadap penguatan akhlak siswa: Studi kasus di SDI Al Amanah Cinunuk Kabupaten Bandung

Sukarsih, Ocih (2018) Manajemen pendidikan akhlak dan kontribusinya terhadap penguatan akhlak siswa: Studi kasus di SDI Al Amanah Cinunuk Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Masalah penelitian ini bermula dari aktifitas siswa SDI Al-Amanah yang tidak merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran pendidikan akhlak di kelas, padahal materi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti yang disajikan 4 jam dalam setiap minggu ditambah dengan materi-materi sub bagian dari PAI, seperti Fiqih, Al-Qur’an, Hadits pilihan dan Tarikh. Hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya rasa jenuh dan bosan serta beban kemampuan berpikir siswa yang berlebihan. Sehingga berdampak pada kualitas siswa dan kinerja kepala sekolah sebagai manager serta para guru untuk mencapai program unggulan SD Islam Al Amanah yang tertuang dalam visi dan misi sekolah serta tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :1) Program pendidikan akhlak di SDI Al-Amanah Cinunuk Kabupaten Bandung; 2) Pengorganisasian pendidikan akhlak dalam upaya membangun akhlak siswa; 3) Proses pelaksanaan pendidikan akhlak dalam upaya membangun akhlak siswa; 4) Pengevaluasian pendidikan akhlak dalam upaya membangun akhlak siswa, dan 5) Faktor-faktor pendukung dan penghambat serta solusi terhadap keberhasilan manajemen pendidikan akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif naturalistik. Kemudian pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan gabungan (triangulasi). Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen pendidikan akhlak di SD Islam Al Amanah meliputi: 1) program yang dijabarkan dalam uraian mata pelajaran PAI yang diintegrasikan ke dalam seluruh mata pelajaran umum yang syarat dengan muatan pendidikan akhlak berlandaskan nilai-nilai Islami bersumber dari al-Qur’an dan al-Hadits; 2) pengorganisasian manajemen pendidikan akhlak diorganisir melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan pembiasaan di lingkungan sekolah 3) Proses aktualisasi manajemen pendidikan akhlak dilaksanakan oleh guru kepada siswa ketika pembelajaran berlangsung dalam kelas maupun di luar kelas melalui teladan, pembiasaan dan latihan secara berulang-ulang; 4) pengevaluasian pendidikan akhlak dilakukan melalui penilaian hasil belajar siswa dan penilaian sikap/kepribadian siswa di setiap akhir semester secara tertulis dan 5) faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan akhlak siswa adalah kepiawaian dan keterampilan ketua yayasan dan kepala sekolah dalam melakukan peranan pengelolaan pendidikan secara kompeten, mulai dari tahapan merencanakan (planning), mengorganisasikan (organization), pelaksanaan (actuating) dan pengevaluasian (controlling) secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pendidikan; Akhlak; Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ocih sukarsih
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:41
Last Modified: 24 Jan 2022 07:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15411

Actions (login required)

View Item View Item