Ambari, Irgi (2018) Pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (514kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa terhadap materi pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi masalah yang terjadi, diperlukan model yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, yaitu menggunakan model sinektik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, menganalisis pengaruh model sinektik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, bentuk desain menggunakan Pretest-Postes Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII C sebagai eksperimen dan kelas VII D sebagai kontrol di SMP Karya Budi Cileunyi Bandung. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, lembar observasi, tes kemampuan berpikir kritis dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 29,09, posttest yaitu 73,18 dan nilai N-Gain 0,62 dengan kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest 29,03, posttest 78,29 dan nila N-Gain yaitu 0,69 dengan kategori sedang. Hasil uji t menunjukan bahwa thitung 2,56 ≥ ttabel 2,00, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya model sinektik berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sinektik;berpikir kritis;pencemaran lingkungan |
Subjects: | Biology > Biologist |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Irgi Ambari |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 04:30 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 04:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15426 |
Actions (login required)
View Item |