Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS)untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik pada Materi Alat Optik

Intan Novia, Giftianty (2018) Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS)untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik pada Materi Alat Optik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kritis merupakan keterampilan berpikir yang sangat penting dimiliki peserta didik dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik di MAN Cimahi kelas XI MIA pada mata pelajaran fisika materi alat optik diperlukan adanya upaya peningkatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) serta peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi alat optik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes lembar observasi, lembar kerja siswa, dan keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan persentase skor keterlaksanaan lembar observasi, persentase skor lembar kerja siswa, Normalized Gain (N-Gain), dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan model Collaborative Problem Solving (CPS) terlaksana sangat baik dengan aktivitas guru 91% dan aktivitas peserta didik 90%. Nilai rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh yaitu 0,8 berkategori tinggi. Hasil uji hipotesis menggunakan paired sample t-test (uji-t) menunjukkan thitung (32,52) > ttabel (2,060) dengan taraf signifikansi 5% sehingga Ha diterima Ho ditolak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan model praktikum Collaborative Problem Solving (CPS) dapat digunakan untuk melatih keterampilan abad 21 pada alat optik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat Optik; Model Pembelajaran; Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Intan Novia Giftianty
Date Deposited: 11 Oct 2018 06:34
Last Modified: 11 Oct 2018 06:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15430

Actions (login required)

View Item View Item