Pembinaan perilaku keberagamaan remaja melalui pendekatan IPTEKs di Lembaga Pendidikan Keluarga Remaja Masjid Salman ITB

Fadhilah, Nurul (2018) Pembinaan perilaku keberagamaan remaja melalui pendekatan IPTEKs di Lembaga Pendidikan Keluarga Remaja Masjid Salman ITB. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Dajati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy

Abstract

Kondisi kesadaran beragama remaja, khususnya usia remaja awal sekitar 13-17 tahun mulai mengalami kegoncangan. Bisa dilihat dari remaja tidak melanjutkan lagi mengaji di madrasah ketika mereka mulai memasuki SMP, hingga banyak remaja yang mudah mengakses video porno akibat menyalah gunakan gawainya. Dari fenomena tersebut dibutuhkan model pembinaan perilaku keberagamaan yang dapat menarik minat remaja untuk mengikutinya dan sesuai dengan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tetang : (1) Konsep pembinaan perilaku keberagamaan remaja melalui pendekatan IPTEKs di KARISMA ITB, (2) Implementasi pembinaan perilaku keberagamaan remaja melalui pendekatan IPTEKs di KARISMA ITB, (3) Keefektifan pembinaan perilaku keberagamaan remaja melalui pendekatan IPTEKs di KARISMA ITB, (4) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan perilaku keberagamaan remaja melalui pendekatan IPTEKs di KARISMA ITB. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keberagamaan C.Y Glock dan R. Stark menyebutkan ada lima macam dimensi keberagamaan atau dimension of religiosity, yaitu dimensi keyakinan (Ideological Dimension), dimensi peribadatan atau peraktek agama (Ritualistic Dimension), dimensi penghayatan (Eksperiental Dimension), dimensi pengalaman (Consequential Dimension), dimensi pengetahuan agama (Intellectual Dimensin). Dan teori Remaja menurut Santrock yang menyebutkan masa transisi dari masa kanak-kanak dan masa dewasa yang melibatkan perubahan-perubahan biologis, kognitif, dan sosioemosional.Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep pembinaan perilaku keberagamaan remaja melalui pendekatan IPTEKs di KARISMA ITB terdiri dari tujuan yaitu menumbuhkan ketertarikan pada ajaran Islam dengan metode utama berupa mentoring, dan terdiri dari divisi Karisma Learning Center dan divisi Kreatif, (2) Implementasi pembinaan perilaku keberagamaan remaja melalui pendekatan IPTEKs di KARISMA ITB belum dapat meliputi semua materi pembinaan keislaman sehingga dibutuhkan metode mentoring kegamaan, (3) Pembinaan perilaku keberagamaan remaja melalui pendekatan IPTEKs di KARISMA ITB telah efektif membina perilaku keberagamaan remaja menjadi lebih baik, (4) faktor pendukung pembinaan perilaku keberagamaan remaja melalui pendekatan IPTEKs adalah menarik minat remaja untuk mengikuti pembinaan dan IPTEKs memungkinkan menganalogi hal-hal yang bersifat asbstrak menjadi konkrit. Sedangkan faktor penghambatnya adalah bidang IPTEKs belum sepenuhnya memenuhi minat remaja, dan penggunaan IPTEKs memerlukan dana. Berdasarkan simpulan di atas, ada beberapa hal yang direkomendasikan, yaitu pengintegrasian IPTEKs dan materi keagamaan perlu dilakukan sehingga tidak cenderung ada pemisahan antara IPTEKs dan keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teknologi; Pendidikan Islam; Inovasi
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Fadhilah
Date Deposited: 28 Feb 2019 02:46
Last Modified: 12 Jan 2022 07:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15454

Actions (login required)

View Item View Item