Peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R pada materi pencemaran lingkungan

Utami, Ajeng Fany (2018) Peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. JUDUL 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sains bertujuan agar siswa memahami dan mengatasi masalah melalui pengamatan ilmiah. Pembelajaran melibatkan siswa aktif melakukan pemecahan masalah pencemaran lingkungan serta mengembangkan keterampilan proses. Strategi yang dapat digunakan yaitu PQ4R. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa, mengetahui respon siswa serta menganalisis peningkatan keterampilan proses sains dengan strategi PQ4R. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalen kontrol grup desain. Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Jawami Cileunyi kelas VII dengan jumlah 44 siswa. Hasil keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa memiliki nilai rata-rata 95,5% kategori sangat baik. Keterampilan proses sains kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata N-Gain adalah 0,52 kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol memperoleh 0,24 kategori rendah. Hasil uji t menunjukan strategi PQ4R berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dengan N-Gain 3,34 kategori sedang. Respon siswa terhadap proses kegiatan dengan strategi PQ4R menunjukan nilai rata-rata 4,06 kategori sangat baik. Kesimpulannya strategi PQ4R berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pencemaran lingkungan dengan kategori yang sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan; Strategi Pembelajaran PQ4R; Keterampilan Proses Sains; Pencemaran Lingkungan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ajeng Ajeng Fany Utami
Date Deposited: 12 Oct 2018 02:59
Last Modified: 26 Dec 2018 03:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15491

Actions (login required)

View Item View Item