Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Al-Quran surat Al-Hajj ayat 45-47 dalam pembelajaran PAI di SMA Al-Islam kota bandung

Pawaguna, Wisnu Dwi (2018) Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Al-Quran surat Al-Hajj ayat 45-47 dalam pembelajaran PAI di SMA Al-Islam kota bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Penelititan ini dilatarbelakangi dengan bahwa surat Al-Hajj ayat 45-47 menarik untuk dikaji lebih dalam, karena ayat-ayat tersebut memuat kisah-kisah umat terdahulu yang mengandung nilai-nilai pendidikan Islam. Pendidikan merupakan suatu usaha yang mesti dibangun dengan kesungguhan demi mencerdaskan kehidupan umat manusia, baik kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan spritual. Pendidikan Islam adalah bimbingan yang diberikan oleh pendidik kepada peserta didik yang bertujuan mencetak generasi yang berakhlak mulia sesuai tuntunan agama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam Al-Quran surat Al-Hajj ayat 45-47 menurut para mufassir. 2) perencanaan implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Al-Quran surat Al-Hajj ayat 45-47 dalam pembelajaran PAI di SMA Al-Islam Kota Bandung. 3) proses implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Al-Quran surat Al-Hajj ayat 45-47 dalam pembelajaran PAI di SMA Al-Islam Kota Bandung. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa Al-Quran merupakan pedoman dan sumber hukum Islam bagi umat dalam menjalani kehidupan. Al-Quran berfungsi memberikan petunjuk yang benar kepada umat manusia agar memperoleh kebahagian yang hakiki di dunia dan akhirat, diantaranya dengan mencari, memperoleh atau menggali nilai-nilai kehidupan yang ada dalam Al-Quran. Banyaknya perilaku peserta didik khususnya di sekolah yang mulai meninggalkan sopan santun sebagai murid, para pendidik harus memperhatikan dan mengajarkan nilai kebaikan dan kemuliaan yang terkandung dalam Al-Quran itu sendiri, dalam hal ini terkait ayat-ayat yang memuat kisah umat terdahulu, karena di dalamnya terdapat banyak pembelajaran tentang umat yang dihancurkan oleh Allah swt, karena menentangnya mereka kepada para utusan-Nya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu: studi pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analis isi (content analysis) dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yakni 1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang ditemukan dalam Al-Quran surat Al-Hajj ayat 45-47 adalah nilai berpikir kritis, nilai keimanan, nilai, moral, dan nilai ibrah (pelajaran). 2) Perencanaan implementasi setiap nilai-nilai pendidikan Islam di atas mengacu pada kompetensi dasar (KD) kurikulum PAI SMA PAI keals XI yang dianggap relevan dengan nilai-nilai tersebut. 3) Proses implementasi nilai-nilai pendidikan Islam di atas dalam pembelajaran PAI di kelas dengan cara mengajarkan nilai-nilai tersebut pada materi yang terdapat dalam kompetensi dasar yang telah ditentukan, a) nilai berpikir kritis diimplementasikan melalui materi pembelajaran yang mengacu pada KD 3.3, b) nilai keimanan diimplementasikan melalui materi pembelajaran yang mengacu pada KD 1.4, c) nilai moral diimplementasikan melalui materi pembelajaran yang mengacu pada KD 2.2, dan d) nilai pembelajaran (ibrah) diimplementasikan melalui materi pembelajaran yang mengacu pada KD 3.11.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai; Pendidikan; Islam; Al-Quran; PAI
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wisnu Dwi Pawaguna
Date Deposited: 12 Oct 2018 07:21
Last Modified: 12 Oct 2018 07:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15493

Actions (login required)

View Item View Item