Pengaruh pembelajaran eksploratif berbasis karakter terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa: penelitian di MTs Al-Jawami

Ulpah, Mila (2018) Pengaruh pembelajaran eksploratif berbasis karakter terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa: penelitian di MTs Al-Jawami. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover Skripsi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matemtika (PAM) dengan kategori rendah, sedang dan tinggi, hambatan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen, melibatkan 50 siswa dengan kelas eksperimen 25 orang dan kelas kontrol 25 orang. Hasil penelitian: 1) aktivitas guru dan siswa pada kelas eksperimen dengan pembelajaran eksploratif berbasis karakter sudah berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan dan sesuai dengan aspek yang tertera pada lembar observasi dengan baik. 2) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pembelajaran eksploratif berbasis karakter dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 3) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pembelajaran eksploratif berbasis karakter tidak berpengaruh lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) dengan kategori rendah, sedang dan tinggi. 4) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematis dapat diminimalisir. Dengan demikian bahwa penggunaan pembelajaran eksporatif berbasis karakter dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penalaran Matematis; Eksploratif Berbasis Karakter
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Analysis, Theory of Functions > Special Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs mila ulpah
Date Deposited: 12 Oct 2018 06:59
Last Modified: 12 Oct 2018 06:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15503

Actions (login required)

View Item View Item