Penerapan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantu media flash pada materi sistem imunitas untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa

Fadlurrohman, Ismail (2018) Penerapan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantu media flash pada materi sistem imunitas untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
JUDUL.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir siswa disebabkan oleh strategi yang diterapkan guru dalam pembelajaran masih berorientasi pada keterampilan tingkat tinggi, hanya menekan pemahaman konsep. Khususnya keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hal tersebut model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantu media Flash diharapkan menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Penelitian bertujuan untuk melihat tingkat keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pertahanan tubuh dengan menggunakan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantu media Flash serta pengaruhnya terhadap siswa. Penelitian ini mengunakan Metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, sampel Kelas XI MIA 1-2. Instrumen penelitian berupa tes tertulis essay berjumlah 10 soal, angket kuisioner serta lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada kelas yang menggunakan model penelitian memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,21 kategori rendah rata-rata nilai pretest 66,67 dan posttest sebesar 74,36, sedangkan dengan kelas yang tidak menggunakan model penelitian memiliki nilai N-gain sebesar 0,21 kategori rendah rata-rata nilai pretest 66,64 dan posttest 74,39. Berdasarkan hasil analisis data posttest diperoleh nilai Thitung (1,38) < Ttabel (1,98) pada taraf signifikansi 5%. Maka H0 diterima Dapat disimpulkan penerapan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) pada materi sistem pertahanan tubuh dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Connecting organizing reflecting extending, keterampilan berpikir kritis, sistem imunitas
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: ismail kanabarai fadlurrohman
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:30
Last Modified: 12 Oct 2018 08:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15546

Actions (login required)

View Item View Item