Fadlurrohman, Ismail (2018) Penerapan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantu media flash pada materi sistem imunitas untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
JUDUL.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya keterampilan berpikir siswa disebabkan oleh strategi yang diterapkan guru dalam pembelajaran masih berorientasi pada keterampilan tingkat tinggi, hanya menekan pemahaman konsep. Khususnya keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hal tersebut model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantu media Flash diharapkan menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Penelitian bertujuan untuk melihat tingkat keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pertahanan tubuh dengan menggunakan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantu media Flash serta pengaruhnya terhadap siswa. Penelitian ini mengunakan Metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, sampel Kelas XI MIA 1-2. Instrumen penelitian berupa tes tertulis essay berjumlah 10 soal, angket kuisioner serta lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada kelas yang menggunakan model penelitian memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,21 kategori rendah rata-rata nilai pretest 66,67 dan posttest sebesar 74,36, sedangkan dengan kelas yang tidak menggunakan model penelitian memiliki nilai N-gain sebesar 0,21 kategori rendah rata-rata nilai pretest 66,64 dan posttest 74,39. Berdasarkan hasil analisis data posttest diperoleh nilai Thitung (1,38) < Ttabel (1,98) pada taraf signifikansi 5%. Maka H0 diterima Dapat disimpulkan penerapan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) pada materi sistem pertahanan tubuh dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Connecting organizing reflecting extending, keterampilan berpikir kritis, sistem imunitas |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | ismail kanabarai fadlurrohman |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 08:30 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 08:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15546 |
Actions (login required)
View Item |