Studi Penurunan Kadar Zat Warna Rodamin B dan Metilen Biru Menggunakan Metode Elektrokoagulasi dengan Elektroda Aluminium

Fauziah, Novianti Nur (2018) Studi Penurunan Kadar Zat Warna Rodamin B dan Metilen Biru Menggunakan Metode Elektrokoagulasi dengan Elektroda Aluminium. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Elektrokoagulasi merupakan metode pengolahan air secara elektrokimia. Elektrokoagulasi efektif untuk mengolah limbah cair karena mempunyai efisiensi penyisihan yang cukup tinggi dengan biaya yang relatif murah. Oleh karena itu pada penelitian ini mencoba menggunakan metode elektrokoagulasi sebagai salah satu alternatif dalam pengolahan limbah cair zat warna. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh jarak elektroda, kuat arus, dan waktu kontak terhadap penurunan kadar zat warna rodamin B dan metilen biru pada proses elektrokoagulasi dengan menggunakan sepasang elektroda aluminium. Proses elektrokoagulasi yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan sistem batch. Variasi yang digunakan pada proses elektrokoagulasi yaitu jarak elektroda (1, 2, dan 3 cm), kuat arus (1, 2, 3, 4, dan 5 A) dan waktu kontak (5, 10, 15, 20, 25, dan 30 menit). Pada penelitian ini, 200 mL larutan yang mengandung 100 mg/L zat warna ditambahkan 20 mL larutan NaCl 1% kemudian dielektrokoagulasi dengan menggunakan sepasang elektroda aluminium dengan jarak elektroda, kuat arus dan waktu kontak yang telah ditentukan. Larutan hasil elektrokoagulasi disaring dan dianalisis kadar zat warnanya dengan menggunakan instrumen spektrofotometer UV-Vis. Penurunan kadar zat warna rodamin B dan metilen biru pada proses elektrokoagulasi dipengaruhi oleh jarak elektroda, kuat arus dan waktu kontak. Penurunan kadar zat warna rodamin B lebih sedikit dibandingkan metilen biru dikarenakan strukturnya yang meruah. Hasil penelitian menunjukkan kondisi optimum penurunan kadar zat warna rodamin B dan metilen biru dengan metode elektrokoagulasi yaitu pada jarak elektroda 1 cm, kuat arus 5 A, dan waktu kontak 30 menit dengan efisiensi penyisihan kadar rodamin B sebesar 63,83% dan metilen biru sebesar 93,48%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: elektrokoagulasi; elektroda aluminium; rodamin B; metilen biru
Subjects: Analytical Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: novianti nur fauziah
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:48
Last Modified: 15 Oct 2018 02:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15608

Actions (login required)

View Item View Item