Ma'rifah, Risma (2018) Penerapan Model CTL (Contextual Teachung and Learning) Berbasis Pendekatan Rekontekstualisasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Saraf. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_dapus.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
Abstract
Pendekatan pembelajaran konvensional atau konservatif saat ini merupakan pendekatan pembelajaran yang paling banyak dikritik. Anak seringkali tidak mampu menghubungkan konteks dari konsep yang dipelajari di kelas dengan konteks yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Penerapan model CTL berbasis pendekatan rekontekstualisasi sebagai upaya untuk menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi sistem saraf dengan menggunakan model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis pendekatan rekontekstualisasi. Metode penelitian yang digunakan pre-eksperimen (pre-experimental research) dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest yang melibatkan satu kelompok belajar yaitu kelas XI-IPA-C MA Persis 31 Banjaran. Dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi sistem saraf dengan menggunakan model CTL berbasis pendekatan rekontekstualisasi diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,638 dengan kriteria sedang dengan aspek kognitif tertinggi yaitu menganalisis (C4) sebesar 12,0. Hasil uji T-Paired menunjukkan thitung (23,749) > ttabel (2,03) dengan taraf signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi sistem saraf.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mode;CTL;Rekontekstualisasi |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Risma Ma'rifah |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 08:27 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 08:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15633 |
Actions (login required)
View Item |