Nurfalah, Wiva (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pad Materi Sistem Gerak Manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peseta didik yang masih rendah berdasarkan ketuntasan hasil belajar dan masih banyak peserta didik yang belum mencapai KKM pada materi sistem gerak manusia, sehingga perlu adanya strategi baru untuk menunjang proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan keterlaksanaan, hasil belajar peserta didik, pengaruh pembelajaran strategi Learning Start with a Question. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket, dan studi dokumentasi. Adapun instrument yang digunakan adalah validasi, lembar observasi, tes hasil belajar, dan lembar kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa porses penerapan strategi Learning Start with a Question terlaksana dengan baik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran strategi Learning Start with a Question menunjukan respon yang baik. Hasil belajar peserta didik dengan menerapkan strategi Learning Start with a Question memperoleh persentase ketuntasan KKM ≥50% dan kriteria penguasaan materi cukup. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas VIIIG dan VIII H menunjukan nilai thitung (11,49) > ttabel (2,05), maka Ho ditolak dan H1 diterima. Data rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 49% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 26% peningkatan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi Learning Start with a Question dapat membantu hasil belajar peserta didik secara signifikan dan memiliki hasil belajar yang lebih baik pada materi sistem gerak manusia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Gerak;Hasil Belajar;Peserta didik;Learning Start with a Question |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | wiva nurfalah wiva nurfalah |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 06:38 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 06:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15649 |
Actions (login required)
View Item |