Peran bimbingan dan konseling terhadap perilaku keberagamaan remaja: studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Garut

Sehabudin, Cepti (2018) Peran bimbingan dan konseling terhadap perilaku keberagamaan remaja: studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan dan konseling di sekolah tidak hanya membantu para siswa untuk mengembangkan diri sesuai minat, bakat pribadi , hasil belajar, membantu siswa menyesuaikan diri terhadap sesama maupun dengan lingkungannya serta untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi untuk memahami dirinya. Akan tetapi bimbingan dan konseling juga sangat membantu dalam praktek-praktek keagamaan. Melihat fenomena sekarang ini banyak sekali permasalahan-permasalahan yang beragam muncul di sekolah. Solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut bukan hanya menngambil teori-teori dari barat, akan tetapi teori islam pun lebih mudah diterapkan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Dengan merujuk pada al-qur’an dan sunnah akan lebih bermanfaat, karena di indonesia bisa diterapkan paham humanistik-religius. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Bagaimana gambaran perilaku keberagamaan siswa di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 3 Garut, Bagaimana Proses bimbingan dan Konseling terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 3 Garut dan Bagaimana Peran Bimbingan dan Konseling Terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 3 Garut. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan penelitian studi kasus, penelitian studi kasus adalah suatu penelitian kualitatif yang berusaha menemukan makna, menyelidiki proses, dan memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam dari individu, kelompok atau situasi; wawancara, yakni wawancara semi terstruktur, terbuka dan mendalam, serta dokumentasi untuk melengkapi penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 3 Garut sangat membantu dalam meningkatkan kualitas keberagamaan siswa, bukan hanya menangani kenakalan remaja, akan tetapi dalam hal keberagamaan juga banyak kontribusinya. Permasalahan yang timbul dapat diminimalisir dengan menerapkan etika dan praktek keberagamaan lainya. Dilihat dari praktek-praktek keagamaan yang sudah terbiasa dilakukan tanpa disuruh atau diingatkan, walaupun masih ada beberapa siswa yang belum terbiasa melaksanakannya, akan tetapi kalau dilihat secara keseluruhan cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling; Perilaku Keberagamaan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Cepi Sehabudin
Date Deposited: 15 Oct 2018 07:20
Last Modified: 15 Oct 2018 07:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15661

Actions (login required)

View Item View Item