Manajemen reportase berita politik program seputar Bandung Raya : Studi deskriptif tentang Pilgub Jawa Barat 2018 di Bandung TV

Rahmi, Miftahul (2018) Manajemen reportase berita politik program seputar Bandung Raya : Studi deskriptif tentang Pilgub Jawa Barat 2018 di Bandung TV. Diploma thesis, UIN sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover_miftahulrahmi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak_miftahulrahmi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi_miftahulrahmi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1_miftahulrahmi.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2_miftahulrahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3_miftahulrahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4_miftahulrahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka_miftahulrahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan media massa sebagai sarana komunikasi massa dan sumber informasi saat ini benar-benar membantu dalam kehidupan manusia. Dalam penyajian informasi berita, media televisi berperan besar dalam menyeleksi dan mengarahkan perhatian masyarakat pada gagasan atau peristiwa tertentu. Manajemen reportase berita beroperasi melalui bermacam fungsi, yang digolongkan pada perencanaan berita, peliputan berita, penulisan berita, pengeditan berita. Dalam proses manajemen reportase berita, redaksi mengambil andil yang cukup besar dalam penentuan informasi seperti apa yang seharusnya diterima masyarakat. Berbagai hal yang berkaitan dengan kepentingan media tersebut akan menetukan kemana arah proses manajemen berita itu akan dibawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan proses program Seputar Bandung Raya dalam penyeleksian berita Pemilihan Umum Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, sebelum disiarkan kepada masyarakat. Peneliti menggunakan teori agenda setting Maxwell Mc Combs dan Donald Shaw dimana teori ini menitikberatkan pada kemampuan media massa dalam memilih dan menekankan isu berita Pemilihan umum Gubernur Jawa Barat 2018 yang dipandang penting bagi khalayak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melukiskan atau memaparkan secara sistematis fakta, karakteristik dan peranan dari bidang-bidang tertentu dalam proses pengangkatan isu berita. Proses pengumpulan data ini menitikberatkan pada observasi, wawancara dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, Bandung TV adalah salah satu bagian afiliasi dari PT Bali TV Narada. Kesimpulan yang diambil peneliti sebagai berikut: Pertama, proses penentuan berita pemilu Jabar ditentukan oleh redaksi. Kedua, proses pemilihan judul dan isi berita Pilgub Jabar dilakukan oleh reporter, kemudian redaktur akan melakukan pengeditan naskah berita tersebut. Ketiga, pemilihan sumber berita harus sesuai dengan isu yang dibahas. Keempat, proses pemilihan visual berita harus sesuai dengan isi berita dan mempunyai pesan tersirat kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Televisi; Pilgub Jawa Barat; Teori Agenda Setting
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Miftahul Rahmi
Date Deposited: 15 Oct 2018 07:32
Last Modified: 15 Oct 2018 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15669

Actions (login required)

View Item View Item