Fitriyani, Siti (2018) Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa pada tema hemat air. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover-converted.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (ABTRAK)
2_Abstrak-converted.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing, menganalisis kemampuan siswa pada setiap tahap pembelajaran inkuiri terbimbing , dan menganalisis literasi lingkungan siswa pada pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode yang digunakan ini adalah one-shot case study dengan subyek siswa SMA Islam Cipasung kelas XI IPA-6 semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan berupa Lembar kerja siswa inkuiri terbimbing, Lembar observasi peneliti dan siswa, Tes literasi lingkungan, dan Angket. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mencapai kategori sangat baik dengan persentase rata-rata 95,16%; tahap mengidentifikasi masalah, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, dan menguji hipotesis mencapai kategori sangat baik dengan persentase 100%; tahap mengumpulkan data dan verifikasi hasil dan penarikan kesimpulan mencapai kategori baik dengan persentase 83% dan 88%. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS pemanfaatan dan penghematan air, penggunaan detergen secara bijak, dan penjernihan air mencapai kategori sangat baik dengan nilai rata-rata yaitu 84 pada tahapan mengidentifikasi masalah, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan verfikasi hasil dan penarikan kesimpulan. Literasi lingkungan siswa setelah pembelajaran inkuiri terbimbing pada tema hemat air memiliki kategori yang baik, yang dilihat dari tes tertulis literasi lingkungan secara keseluruhan yang dilaksanakan hanya pada akhir pembelajaran dihasilkan nilai rata-ratanya yaitu 80 berkategori baik. Pada indikator sikap literasi lingkungan siswa mencapai kategori yang baik, dengan nilai persentase rata-rata yang menyatakan sangat setuju sebesar 53% , persentase rata-rata yang menyatakan setuju sebesar 28%, persentase rata-rata yang menyatakan kurang setuju yaitu sebesar 8% dan persentase rata-rata yang menyatakan tidak setuju sebesar 12%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran inkuiri terbimbing; Sikap literasi lingkungan; Tema hemat air |
Subjects: | Education Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with username fitri inces |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 07:56 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15673 |
Actions (login required)
View Item |