Fadhilah R, Nurul (2018) Hubungan Gaya Belajar Dengan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Pada Materi Sistem Pernapasan:Penelitian Korelasi pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Cileunyi Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam pembelajaran IPA kelas VIII di SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung, ditemukan permasalahan yakni adanya perbedaan tingkat penguasaan konsep siswa antara kelas unggulan dengan kelas biasa. Untuk mendapatkan penguasaan konsep yang benar dan utuh maka diperlukan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan serta mampu memfasilitasi gaya belajar siswanya, yakni dengan menggunakan model pembelajaran Visualizayion Auditory Kinesthetic (VAK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran VAK, mendeskripsikan gaya belajar siswa, menganalisis penguasaan konsep siswa serta menganalisis hubungan antara gaya belajar dengan penguasaan konsep siswa melalui model pembelajaran VAK pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket gaya belajar dan tes penguasaan konsep siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diantaranya adalah tingkat keterlaksanaan penggunaan model pembelajaran VAK sebesar 97,33% (sangat baik), gaya belajar siswa sebanyak 18 siswa memiliki gaya belajar auditory, 14 siswa gaya belajar kinestetik dan 10 siswa memiliki gaya belajar visual, rata-rata penguasaan konsep siswa diperoleh 84,47 (baik) serta terdapat hubungan positif antara gaya belajar dengan penguasaan konsep siswa melalui model pembelajaran VAK pada materi sistem pernapasan, dengan nilai t hitung 6,175 sedangkan t tabel 2,02.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya belajar; Penguasaan konsep; Visualization Auditory Kinestetik |
Subjects: | Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nurul Fadhilah |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 06:52 |
Last Modified: | 22 Oct 2018 06:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15699 |
Actions (login required)
View Item |