Pengaruh model pembelajaran PAP (Picture And Picture) terhadap kemampuan berkomunikasi peserta didik pada materi sistem ekskresi: penelitian quasi eksperimen pada peserta didik kelas XI MAN Purwakarta

Muniroh, Mimin (2018) Pengaruh model pembelajaran PAP (Picture And Picture) terhadap kemampuan berkomunikasi peserta didik pada materi sistem ekskresi: penelitian quasi eksperimen pada peserta didik kelas XI MAN Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang berhasil dan menarik membutuhkan suatu model berkomunikasi yang baik dan sesuai. Tanpa adanya kesesuaian antara model komunikasi dengan pembelajaran, maka proses pembelajaran itupun akan terhambat. Model yang diterapkan pada penelitian ini ialah model pembelajaran kooperatif tipe PAP. Pada prosesnya peserta didik dilatih untuk menemukan informasi melalui gambar-gambar untuk kemudian dituangkan dalam bentuk komunikasi secara tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe PAP terhadap kemampuan berkomunikasi peserta didik pada materi sistem ekskresi. Metode Penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di MAN Purwakarta. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 yang berjumlah 38 peserta didik untuk setiap kelas dengan total keseluruhan 76 peserta didik. Pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel didasarkan atas kemampuan kognitif yang sama antara dua kelas tersebut dengan melihat hasil ulangan harian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan berkomunikasi peserta didik pada materi sistem ekskresi pada kelas eksperimen diperoleh nilai N-Gain 0,75 (katergori tinggi) dengan indikator kemampuan komunikasi tulisan tertinggi yaitu membuat uraian sebesar 0,80 (kategori tinggi). Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,66 (kategori sedang) dengan indikator kemampuan komunikasi tertinggi yaitu membuat tabel 0,75 (kategori tinggi). Hasil tersebut menunjukan bahwa rata-rata nilai model pembelajaran PAP lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis Mann-Whitney diperoleh Zhitung 2,75 > Ztabel 1,65 pada taraf signifikansi 5%, dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe PAP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi peserta didik pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berkomunikasi; Picture And Picture; Sistem Ekskresi
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mimin Muniroh Surya
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:00
Last Modified: 16 Oct 2018 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15700

Actions (login required)

View Item View Item