Munawaroh, Siti Nurlaela (2018) Pengembangan bahan ajar pada materi perubahan lingkungan berorientasi Predict Observe Explain: penelitian dan pengembangan pada Siswa Kelas XI MAN Purwakarta Kab. Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (377kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan bahan ajar pada materi perubahan lingkungan berorientasi Predict Observe Explain (POE), mendeskripsikan efektivitas produk bahan ajar dan respon siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 3D (define, design, dan develop). Uji coba terbatas dilakukan di MAN Purwakarta dengan subyek penelitian kelas XI MIA 4 sebanyak 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi produk bahan ajar berorientasi Predict-Observe-Explain (POE) dikategorikan valid dan dapat dijadikan sumber belajar dengan persentase 75%, (2) hasil analisis persentase nilai keseluruhan siswa mencapai 90% terkualifikasi tinggi, (3) hasil analisis respon siswa memperoleh kriteria 3,56 terkualifikasi tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar pada materi perubahan lingkungan berorientasi Predict Observe Explain (POE) dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai sumber belajar dan efektif dalam memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar; perubahan lingkungan; research and development; predict observe explain |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | siti nurlaela |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 07:25 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 07:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15708 |
Actions (login required)
View Item |