Tindakan Sosial Masyarakat Dalam Menggunakan Media Sosial: Studi Deksriptif di Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi

Sa'diah, Siti Halimatu (2018) Tindakan Sosial Masyarakat Dalam Menggunakan Media Sosial: Studi Deksriptif di Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
01_cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03_ABSTRAK.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
02_DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
04_BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
05_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
06_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
07_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
08_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial merupakan media online untuk berjalannya komunikasi dan berinteraksi dengan individu lain. Seseorang akan mudah berkomunikasi dan berinteraksi dengan menggunakan media sosial ini, juga bisa menerima dan berbagi informasi dengan mudah, cepat, dan tak terbatas. Media sosial telah merebak ke masyarakat pedesaan, masyarakat yang dikenal dengan hubungan yang saling kenal mengenal, interaksi secara langsung atau hubungan yang primer dan bersifat guyub, kini berubah dimana masyarakat Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi lebih memilih menggunakan media sosial untuk berinteraksi, sehingga pola komunikasi masyarakat yang secara langsung menjadi tidak langsung, dan menimbulkan ketergantungan dalam menggunakan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tipe tindakan masyarakat dalam menggunakan media sosial., 2) mengetahui dampak positif dan negatif penggunaan media sosial di masyarakat Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial dari Max Weber. Tindakan sosial bagi Weber adalah suatu tindakan individu sepanjang tindakan itu mempunyai makna atau arti subjektif bagi dirinya dan diarahkan kepada tindakan orang lain. Ada empat tipe tindakan sosial menurut Weber: 1) tindakan rasionalitas instrumental., 2) tindakan berorientasi nilai., 3) tindakan afektif., 4) tindakan tradisional. Dan terdapat dua tindakan sosial yang ditemukan di lapangan, yaitu: tindakan afektif dan tindakan rasionalitas instrumental. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif metode deskriptif. Yakni metode yang berusaha menggambarkan fenomena dan fakta yang terjadi di lapangan. Sumber data primer adalah masyarakat umum (Remaja, ibu-ibu dan bapak-bapak) Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi. Pengumpulan data dilakukan dengan obseravsi berperan (participant observation), wawancara terstruktur, dan studi pustaka untuk melengkapi data yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan di Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tindakan sosial masyarakat dalam menggunakan media sosial didominasi dengan tindakan sosial afektif (tindakan yang dilakukan berdasarkan emosi) dan tindakan rasionalitas instrumental. Kemudian terdapat dampak dari penggunaan media sosial di masyarakat Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi yaitu dampak positif: sebagai sarana komunikasi yang mudah dan cepat, sarana belajar dan menambah wawasan, dan sebagai tempat menerima dan berbagi informasi. Dampak negatif: kurangnya interaksi secara langsung, menimbulkan ketergantungan/kecanduan, kejahatan dunia maya (cyber crime), dan menimbulkan penyakit hati (Riya dan ‘Ujub). Kata Kunci: Masyarakat Desa, Media Sosial, Tindakan Sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: masyarakat desa;media sosial;tindakan sosial
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: siti halimatu sa'diah
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:03
Last Modified: 16 Oct 2018 04:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15722

Actions (login required)

View Item View Item