Nurfitriani, Rita (2018) Penerapan model pembelajaran POEW (predict - observe - explain - write) untuk memfasilitasi perubahan konseptual melalui CRI (certainty of response index) pada materi perubahan lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (591kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (821kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam proses belajar mengajar anak akan membangun sendiri skemanya serta membangun konsep-konsep melalui pengalamannya. Model pembelajaran POEW (Predict – Observe – Explain – Write) memungkinkan peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuannya agar dapat memahami konsep ilmiah dan konsep dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran POEW dalam memfasilitasi perubahan konseptual peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitiannya adalah metode pre-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah The one-groups pretest – posttest design. Sampel yang digunakan diambil dengan teknik sampling purposive di kelas X SMA 1 Banjaran. Teknik Pengumpulan data melalui tes tertulis yaitu Pretest (sebelum) dan Posttest (sesudah). Hasil Pengolahan Pretest-Posttest didapatkan N-Gain sebesar 0.4906 kategori sedang dan pola perubahan konseptual peserta didik yang dominan adalah Pola I sebesar 96,88% artinya perubahan konseptual peserta didik mengalami perubahan positif yang diperkuat dengan pengurangan miskonsepsi mencapai 63.30%. Hasil Uji T-Paired menunjukkan t hitung (19.75) > t tabel (2.04), pada taraf signifikansi 5% sehingga disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran POEW pada materi perubahan lingkungan dapat memfasilitasi perubahan konseptual peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POEW; Miskonsepsi; Perubahan Konseptual |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | rita nurfitriani |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 01:59 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 01:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15765 |
Actions (login required)
View Item |