Kegiatan Tabligh di Taman Belajar Al-Afifiyah

Eneng Rodiah, Eneng (1210402026) (2014) Kegiatan Tabligh di Taman Belajar Al-Afifiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)

Abstract

Kegiatan tabligh merupakan suatu proses pendidikan dalam membentuk perilaku masyarakat kearah yang lebih baik. Kegiatan tabligh ini sangatlah efektif dan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karena tabligh merupakan bagian dari proses dakwah yang berarti mengajak manusia melalui pesan keagamaan yang diharapkan dapat menjadi motivasi atau penggerak bagi manusia dalam mengahadapi berbagai masalah yang dihadapi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses kegiatan tabligh di Taman Belajar Al-Afifiyah, mengetahui kegiatan yang dilaksanakan, mengetahui hasil yang telah dicapai dari pelaksanaan kegiatan tabligh dan mengetahui faktor pendukung dan kendala yang dihadapi. Teori yang menjadi landasan penulis adalah teori Jalaludin Rakhmat yaitu untuk melihat keefektifan suatu proses komunikasi yang ada dalam kegiatan tabligh yang dilaksanakan di Taman Belajar Al-Afifiyah. Proses komunikasi yang dilakukan adalah pengajian atau tabligh yang dapat diketahui melalui perubahan individu yang bersangkutan yaitu menyangkut aspek kognitif, afektif dan behavioral. Efek kognitif terjadi akan terjadi apabila terdapat perubahan pada apa yang diketahui dan dipersepsi oleh muballagh (objek tabligh). Efek ini berkaitan dengan adanya perubahan pengetahuan, keterampilan, dan informasi. Aspek afektif akan timbul apabila terdapat perubahan pada apa yang dirasakan, disenangi atau dibenci. Aspek ini berhubungan dengan emosi, sikap atau nilai. Sedangkan aspek behavioral dapat difahami dan dijabarkan sebagai seseorang yang akan bertindak dan bertingkah laku setelah orang itu mengerti dan memahami apa yang telah diketahui dan kemudian timbullah keinginan untuk bertindak dan bertingkah laku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif. Dengan menggambarkan kegiatan tabligh yang dilakukan oleh Taman Belajar Al-Afifiyah yang didukung dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan mengumpulkan hasil observasi dan wawancara. Pengolahan data yang dilakukan dengan mengumpulkan seluruh data, memilih data dan mengklasifikasi data, kemudian menganalisis data yang dianalisis dengan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pelaksanaan kegiatan tabligh di Taman Belajar Al-Afifiyah menunjukan hasil yang positif. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perubahan perilaku muballagh yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari dengan mengikuti kegiatan tabligh. Dengan demikian, adanya kegiatan tabligh di Taman Belajar Al-Afifiyah sangat berperan dalam kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: dakwah, tabligh, taman belajar
Subjects: Islam > Da'wah
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 19 May 2016 01:05
Last Modified: 23 May 2016 09:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item View Item