Mahmudah, Umi (2018) Pengembangan media pembelajaran VILAMI (Virtual Lab of Momentum and Impuls) pada materi Momentum dan Impuls untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
Abstract
Sarana dan Prasarana yang kurang menunjang pembelajaran mengakibatkan tingkat pemahman konsep peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran VILAMI serta pengaruhnya pada pemahaman konsep peserta didik. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation) serta pemahaman konsep dengan analisis N-Gain. Populasi penelitian ini adalah peserta didik MA Muhammadiyah Plus Cisaat Kadungora dengan sampel penelitian kelas X MIA sejumlah 24 orang. Data dikumpulkan dengan wawancara, angket, LKPD dan soal Pretest Posttest. Hasil penelitian didapatkan rerata skor total dari beberapa aspek penilaian dengan validator ahli media adalah 57.5 dengan kategori “Layak” sebagai media pembelajaran. Sedangkan berdasarkan penilaian oleh validator ahli materi adalah 52 dengan kategori “Layak” sebagai media pembelajaran. Pada uji coba kelompok kecil menyatakan bahwa media pembelajaran VILAMI dalam kategori “Baik” sebagai media pembelajaran. Adapun peserta didik pada uji coba kelompok besar/ lapangan menyatakan bahwa media pembelajaran VILAMI dalam kategori “Layak/Baik” sebagai media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran VILAMI pada proses pembelajaran terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan hasil rata-rata pretest dan posttest masing-masing sebesar 33.9 dan 73.8 dengan rerata N-Gain sebesar 0,6
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE; Pemahaman Konsep; VILAMI; Virtual Lab; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Laboratories |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Umi Mahmudah Aryuspa |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 06:03 |
Last Modified: | 23 Nov 2018 06:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15795 |
Actions (login required)
View Item |