Pengaruh likuiditas, pertumbuhan penjualan, perputaran modal kerja, dan leverage ratio terhadap return on assets perusahaan manufaktur food and beverage :Studi Kasus Pada Pt. Indofood Sukses Makmur Tbk., Pt. Mayora Indah Tbk., Pt. Ultra Jaya Milk Tbk., Pt. Tiga Pilar Sejahtera Tbk Periode 2006-2015

Wahyudin, Didin (2017) Pengaruh likuiditas, pertumbuhan penjualan, perputaran modal kerja, dan leverage ratio terhadap return on assets perusahaan manufaktur food and beverage :Studi Kasus Pada Pt. Indofood Sukses Makmur Tbk., Pt. Mayora Indah Tbk., Pt. Ultra Jaya Milk Tbk., Pt. Tiga Pilar Sejahtera Tbk Periode 2006-2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (798kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari 2 permasalahan besar yaitu, adanya Fenomena Gap, bahwa setiap kejadian empiris tidak sesuai dengan teori yang ada serta Reserch Gap, dimana terdapat perbedaan hasil penelitian terkait rasio-rasio keuangan yang mempengaruhi Return on Assets pada perusahaan Manufaktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Current Ratio (CR), Growth Ratio, Working Capital Turnover (WCT), dan Leverage Ratio secara parsial maupun secara simultan terhadap Return on Assets (ROA) Studi Kasus Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk., PT. Mayora Indah Tbk., PT. Ultra Jaya Milk Tbk. Periode Tahun 2005-2016. Untuk variabel Dependen, penulis menggunakan teori dari I Made Sudana mengenai Return on Assets . Sedangkan untuk variabel independen penulis menggunakan teori dari Van Horne. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling, dengan objek perusahaan manufaktur food & beverage sebanyak 4 perusahaan. Berdasarkan kriteria yang ada, didapatkan 10 tahun periode. Jenis data yang digunakan adalah jenis data panel dari tahun 2006 sampai 2015. Data dianalisis dengan metode kuantitatif yang menggunakan Uji Regresi Berganda, Uji T, Uji F, dan Uji Determinasi (R2), dengan bantuan software Eviews 9. Hasil uji t menunjukkan bahwa CR memiliki nilai koefisien regresi sebesar 2.077651 dan nilai signifikansi sebesar 0.0451 sehingga CR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. Growth Ratio memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0.090973 dan nilai signifikansi sebesar 0.9280 sehingga Growth Ratio tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap ROA. WCT memiliki nilai koefisien regresi 2.115155 dan nilai signifikansi sebesar 0.0387 sehingga BOPO berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. Leverage Ratio memiliki koefisien regresi -1.512857 dan nilai signifikansi 0.1393 sehingga Leverage Ratio tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap ROA. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel CR, Growth Ratio, WCT, dan Leverage Ratio secara simultan berpengaruh terhadap ROA ditunjukkan dengan nilai koefisien berganda 5.310966 nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0.001889. Kemampuan prediktif dari keempat variabel independen (CR, Growth Ratio, WCT dan Leverage Ratio) adalah 40,77% dan sisanya 59,23% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CR; Growth Ratio; WCT; Leverage Ratio; ROA
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Didin Wahyudin
Date Deposited: 17 Oct 2018 09:41
Last Modified: 17 Oct 2018 09:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15798

Actions (login required)

View Item View Item