Purwandini, Tika (2018) Pembuatan perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (330kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
Abstract
Perangkat penilaian (assessment) berorientasi literasi kimia masih terbilang baru dan terbatas sehingga belum banyak yang mengembangkan perangkat penilaian berorientasi literasi kimia ini. Telah dilakukan penelitian untuk mendeskripsikan hasil analisis dan pengembangan pada pembuatan perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi, mendeskripsikan hasil validasi dan perbaikan pada perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi, dan mendesksripsikan hasil uji kelayakan pada perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi. Perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi ini dibuat dengan metode Design Based Research (DBR) dengan tahapan model 4-D yang dibatasi sampai tahap pengembangan (develop). Hasil uji validitas dan kelayakan menunjukkan bahwa perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi ini valid dengan nilai rhitung rata-rata sebesar 0,87 dengan persentase kelayakan 88% dan uji keterbacaan sebesar 85%. Berdasarkan uji reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran, perangkat penilaian ini dinyatakan reliabel dengan daya pembeda baik, dan tingkat kesukaran yang sedang. Soal literasi kimia pada konsep laju reaksi mengandung 4 dimensi literasi kimia dengan sebaran dimensi 38,1% untuk konten dan proses dan 18,1% untuk dimensi konteks dan sikap. Berdasarkan hasil rata-rata rhitung dan uji coba soal berorientasi literasi kimia pada konsep laju reaksi, maka perangkat penilaian ini dapat digunakan sebagai alat penilaian literasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Penilaian (Assessment), Literasi Kimia, Laju Reaksi |
Subjects: | Education Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | purwandini tika purwandini |
Date Deposited: | 23 Oct 2018 09:03 |
Last Modified: | 23 Oct 2018 09:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15805 |
Actions (login required)
View Item |