Penggunaan metode resitasi (Penugasan) untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Swasta Al Hikmah Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Yuliarahman, Ressi Dwi (2018) Penggunaan metode resitasi (Penugasan) untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Swasta Al Hikmah Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi dongeng dengan metode resitasi (penugasan) di kelas V MI Swasta Al-Hikmah Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, yang dilatarbelakangi bahwa masih rendahnya keterampilan menulis ringkasan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Karena guru pada saat proses pembelajaran berlangsung hanya memakai metode ceramah dan tanya jawab yang menekankan siswa hanya mendengarkan, membaca, dan menulis saja sehingga siswa kurang fokus dalam belajar. Kebanyakan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia nilainya kurang dari KKM yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran siswa dan meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia sebelum menggunakan metode resitasi (penugasan) dan sesudah menggunakan metode resitasi (penugasan) pada setiap siklusnya di kelas V MI Swasta Al-Hikmah Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Penelitian ini didasarkan dalam kajian teoritis yang menyatakan bahwa metode resitasi (penugasan) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa, sehingga penulis menentukan hipotesis tindakan penggunaan metode resitasi (penugasan) untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan. Setiap tindakan merupakan rangkaian kegiatan yan dimulai dari 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan bahwa penggunaan metode resitasi (penugasan) terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil meningkatnya aktivitas siswa pada pra siklus adalah 56,25%, siklus I adalah 75,91%, dan siklus II adalah 90,62%. Sementara itu aktivitas guru pada pra siklus adalah 68.75%, siklus I adalah 84,31%, dan siklus II adalah 93,75%. Keterampilan menulis siswa kelas V mata pelajaran bahasa Indonesia mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari pra siklus yaitu 50% dengan kategori (rendah), siklus I yaitu 81,25% dengan kategori (baik), dan meningkat pada siklus II yaitu 100% dengan kategori (sangat baik).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa dan Metode Resitasi (Penugasan);
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mss Ressi Dwi Yuliarahman
Date Deposited: 18 Oct 2018 03:43
Last Modified: 18 Oct 2018 03:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15818

Actions (login required)

View Item View Item