Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Quick Ratio (QR) Terhadap Return On Asset (ROA) pada PT Bank Panin Syariah Tbk Periode 2012-2017

Nuraeni, Siti (2018) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Quick Ratio (QR) Terhadap Return On Asset (ROA) pada PT Bank Panin Syariah Tbk Periode 2012-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy

Abstract

Bank yang berfungsi sebagai lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dana ke masyarakat harus berusaha menjaga kinerjanya agar dapat beroperasi secara optimal. Kinerja bank dapat dilihat melalui profitabilitas yang dihasilkan. Upaya bank dalam meningkatkan profitabilitas sering terkendala pada likuiditas. Untuk mengukur likuiditas perbankan terdapat beberapa jenis rasio yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Jenis rasio tersebut adalah Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Quick Ratio (QR). FDR merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur komposisi jumlah kredit yang diberikan dibandingkan dengan jumlah dana masyarakat dan modal sendiri yang digunakan. Sedangkan QR adalah rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan bank dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Return On Asset (ROA) pada PT Bank Panin Syari’ah periode 2012-2017 secara parsial, serta untuk mengetahui secara simultan seberapa besar pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Return On Asset (ROA) pada PT Bank Panin Syari’ah periode 2012-2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian dengan menggunakan analisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi parsial,koefisien determinasi, dan uji t serta dengan analisis secara simultan yaitu dengan analisis regresi berganda,korelasi berganda dan uji F. Analisis pada penelitian ini didukung dengan menggunakan aplikasi SPSS for Windows versi 20. Data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan publikasi Bank Panin Syari’ah Tbk periode 2012-2017 yang diambil dari halaman website yang disediakan oleh Bank Panin Syari’ah Tbk dan Bank Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memperoleh kesimpulan dengan hasil koefisien determinasi secara parsial antara Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) diperoleh pengaruhnya sebesar 53,7% dan Ha diterima. Quick Ratio (QR) terhadap Return On Asset (ROA) secara parsial, dibuktikan dengan hasilkoefisien determinasi diperoleh pengaruhnya sebesar 46,1% dan H0 diterima. Secara simultan hasil koefisien determinasi dari Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Quick Ratio (QR) terhadap Return On Asset (ROA) diperoleh pengaruhnya sebesar 61,4% dan Ha diterima yang artinya Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Quick Ratio (QR) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT Bank Panin Syari’ah Tbk periode 2012-2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio (FDR); Quick Ratio (QR); Return On Asset (ROA)
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Siti Nuraeni
Date Deposited: 18 Oct 2018 07:08
Last Modified: 18 Oct 2018 07:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15822

Actions (login required)

View Item View Item