Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Scientific Approach pada Materi Ekosistem

Nurseptiani, Siti Sarah (2018) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Scientific Approach pada Materi Ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada bahan ajar yang sudah tersedia disekolah hanya menekankan konsep kurang menumbuhkan minat siswa. Selain itu, minat guru untuk mengembangkan bahan ajar masih kurang, buku paket yang digunakan juga terbatas dan adanya keterlambatan buku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan bahan ajar, mengetahui efektivitas bahan ajar terhadap hasil belajar, menganalisis respon siswa dengan menggunakan produk bahan ajar berbasis Scientific Approach pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan 3-D dimodifikasi dari model perangkat pengembangan 4-D yang terdiri dari define (tahap pendefinisian), design (tahap perencanaan), dan develop (tahap pengembangan). Hasil penelitian kelayakan dari ahli media, ahli materi, dan guru IPA persentase keseluruhan validator sebesar 92% dengan kriteria sangat valid. Hasil penelitian pada efektivitas bahan ajar terhadap hasil belajar memperoleh sebesar 80,91% dengan kriteria penilaian hasil belajar tinggi dinyatakan bahan ajar yang digunakan efektif. Hasil penelitian pada respon siswa menunjukan bahwa pada penilaian indikator ketertarikan keseluruhan, penilaian indikator materi, dan penilaian indikator bahasa memperoleh sebesar 3,31 dengan kualifikasi sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Bahan Ajar; Scientific Approach; Ekosistem
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: siti sarah
Date Deposited: 25 Oct 2018 01:45
Last Modified: 25 Oct 2018 01:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15830

Actions (login required)

View Item View Item