Hayati, Yulia (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) – TPS (Think, Pair and Share) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa: Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 26 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (391kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
Abstract
Karakteristik pembelajaran Kurikulum 2013 adalah menerapkan pendekatan ilmiah agar peserta didik secara aktif mengkonstruksi konsep melalui mengamati, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengomunikasikan. Pembelajaran diarahkan untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa salah satunya berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran PQ4R-TPS, menganalisis keterampilan berpikir kritis dengan dan tanpa menggunakan strategi pembelajaran PQ4R-TPS, menganalisis pengaruh strategi pembelajaran PQ4R-TPS terhadap keterampilan berpikir kritis, dan menganalisis respon siswa mengenai pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran PQ4R-TPS. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan kuisioner. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI MIPA 1 berjumlah 41 orang (kelas eksperimen) dan XI MIPA 2 berjumlah 43 orang (kelas kontrol). Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R-TPS memiliki rata-rata N-Gain sebesar 0,66 dan siswa tanpa menggunakan strategi pembelajaran PQ4R-TPS memiliki rata-rata N-Gain sebesar 0,57 serta keduanya dikategorikan sedang. Hasil pengujian hipotesis menujukkan, thitung (1,49) < ttabel (1,99) sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran PQ4R-TPS pada materi sistem reproduksi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PQ4R-TPS; Berpikir Kritis; Pendekatan Saintifik |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yulia Hayati |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 08:29 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 08:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15846 |
Actions (login required)
View Item |