Sanksi persetubuhan ayah terhadap anak kandung dalam Perspektif Hukum Pidana Islam : Analisis putusan PN Jakarta Utara Nomor 59/Pid.Sus/Pn.Jkt Utr

Wulandari, Riska (2018) Sanksi persetubuhan ayah terhadap anak kandung dalam Perspektif Hukum Pidana Islam : Analisis putusan PN Jakarta Utara Nomor 59/Pid.Sus/Pn.Jkt Utr. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
ouline 3.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)

Abstract

Salah satu bentuk kejahatan yang sering terjadi adalah pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang ayah terhadap anak kandungnya. Masalah utama dalam penelitian ini adalah mengenai sanksi dalam tindak pidana persetubuhan ayah terhadap anak kandung yang terdapat dalam putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara Nomor 59/pid.sus/PN.Jkt.Utr. dalam perspektif hukum pidana Islam. Masalah dari penelitian pertama untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam putusan pengadilan Negeri Jakarta Utara tentang tindak pidana persetubuhan ayah kepada anak kandung, kedua mengetahui sanksi persetubuhan ayah kepada anak kandung menurut hukum pidana Islam. Penelitian menggunakan teori-teori yang bekaitan dengan persetubuhan ayah terhadap anak kandung. Teori yang digunakan ialah teori unsur-unsur tindak pidana, teori zina menurut para ahli fiqih, teori unsur-unsur hukum pidana Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode content analitis. Penelitian mengunakan pendekatan penelitian adalah jenis data kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dari kitab tasyri al-jani’i karangan Abdul Qadir Audah dan KUHP karangan Moeldjatno, dan data sekunder yaitu buku-buku yang berhubungan dengan zina. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara library research. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kulitatif. Hasil penelitian ini menunjukan pertama pertimbangan hakim dalam putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara tentang tindak pidana persetubuhan ayah kepada anak kandung bahwa sepanjang persidangan tidak ditemukan adanya alasan pemaaf, alasan pembenar atau alasan lainnya yang dapat mengapus atas pidana. kedua dalam hukum pidana Islam persetubuhan ayah kepada anak kandung termasuk dalam perbuatan jarimah zina, adapun sanksinya dalam pandangan hukum Islam ada dua pendapat tentang hukuman rajam karena melakukan zina. Kedua, pelaku dijatuhkan hukuman rajam karena melakukan zina. Pelaku dikenakan hukuman ta’zir karena zina melakukan bersama mahramnya yang kadar dan jenisnya diserahkan kepada putusan ijtihad penguasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Riska wulandari Abdul Hamid Muhayar
Date Deposited: 18 Oct 2018 03:06
Last Modified: 18 Oct 2018 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15849

Actions (login required)

View Item View Item