Pembuatan Perangkat Penilaian Berorientasi Literasi Kimia Pada Konsep Zat Aditif

Ratna Puri, Ami (2018) Pembuatan Perangkat Penilaian Berorientasi Literasi Kimia Pada Konsep Zat Aditif. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy

Abstract

Penilaian dibutuhkan dalam pembelajaran karena dapat memberikan umpan balik yang konstruktif bagi pendidik maupun peserta didik. Pembuatan perangkat penilaian berorientasi literasi kimia bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dan pengembangan, mendeskripsikan hasil validasi dan uji kelayakan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan tahap 3D (Define, Design dan Develope). Hasil uji validasi menunjukkan perangkat penilaian berorientasi literasi kimia valid, dengan rata-rata rhitung sebesar 0,89. Hasil uji kelayakan pada uji coba pemakaian soal menunjukkan perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep zat aditif sangat layak untuk digunakan dengan diperoleh nilai persentase sebesar 96,46%, dengan tingkat kesukaran soal yang dibuat memiliki kriteria soal yang proporsional yaitu sukar 14,28%, sedang 71,43% dan mudah 14,28%. Daya pembeda dengan kategori baik 50%, cukup 14,29%, sangat baik 35,71%. Hal tersebut mengindikasikan bahwa perangkat penilaian berorientasi literasi kimia pada konsep zat aditif yang dibuat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perangkat penilaian; literasi kimia; zat aditif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Chemistry and Allied Science > General Publications of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ami Ratna
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:02
Last Modified: 18 Oct 2018 04:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15854

Actions (login required)

View Item View Item