Penerapan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Nurul Huda

Musthofa, Khoerun (2018) Penerapan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Nurul Huda. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya masalah, yaitu masalah rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Matematika. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenkan guru belum menggunakan Pendekatan yang tepat dalam pembelajaran, maka untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA). 2) Proses pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) pada setiap siklus. 3) Hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) pada setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya penggunaan pendekatan pembelajaran yang tepat, diantaranya Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA). Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) diduga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menempuh langkah-langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan deskriptif untuk data kualitatif, dan menggunakan statistika untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) masih rendah dengan nilai rata-rata sebesar 57. (2) Penerapan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya. Aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan. Adapun rata-rata aktivitas guru pada siklus I 77,5%, pada siklus II 93%. Aktivitas siswa pada siklus I 56%, pada siklus II 87%. (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) mengalami peningakatan. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 68, pada siklus II 81. Adapun persentase ketuntasan belajarnya pada saat pra siklus yaitu 33%, siklus I 58%, dan siklus II 92%. Maka dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas IV MI Nurul Huda Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Concrete Representational Abstract; Hasil Belajar; Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khoerun Musthofa
Date Deposited: 18 Oct 2018 03:36
Last Modified: 18 Oct 2018 03:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15858

Actions (login required)

View Item View Item