Safitri, Ai Hopsyah (2018) Penerapan pembelajaran PLGI (Peer Led Guided Inquiry) pada konsep koloid untuk mengembangkan literasi kimia: Penelitian terhadap siswa kelas XI IPA di SMAN 10 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan pembelajaran PLGI untuk mengembangkan literasi kimia pada konsep koloid. Metode penelitian yang digunakan adalah one-shot case study kepada 39 siswa kelas XI IPA 5. Informasi diperoleh dengan mengukur aktivitas siswa selama pembelajaran, penyelesaian siswa pada Lembar Kerja Siswa (LKS) pada setiap tahapan pembelajaran PLGI, serta kemampuan literasi kimia siswa setelah pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada aktivitas siswa selama pembelajaran PLGI yaitu rata-rata 95%, dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil yang didapat pada penyelesaian LKS pada setiap tahapan pembelajaran PLGI yaitu rata-rata 86 dan dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata tertinggi 92 pada tahap mengumpulkan data dan nilai terendah 75 pada tahap merumuskan hipotesis. Nilai rata-rata kemampuan literasi kimia 70 dikategorikan baik. Hasil ini diperoleh karena pembelajaran PLGI membuat siswa aktif menggali informasi dari tutor sebaya, sehingga dapat mengembangkan literasi kimia. Dengan demikian pembelajaran PLGI ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk mengembangkan literasi kimia pada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Kimia; Pembelajaran PLGI; Koloid. |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > General Publications of Chemistry Chemistry and Allied Science > Chemists |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ai Hopsyah Safitri |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 06:19 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 06:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15870 |
Actions (login required)
View Item |