Penerapan pembelajaran PLGI (Peer Led Guided Inquiry) pada konsep koloid untuk mengembangkan literasi kimia: Penelitian terhadap siswa kelas XI IPA di SMAN 10 Garut

Safitri, Ai Hopsyah (2018) Penerapan pembelajaran PLGI (Peer Led Guided Inquiry) pada konsep koloid untuk mengembangkan literasi kimia: Penelitian terhadap siswa kelas XI IPA di SMAN 10 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan pembelajaran PLGI untuk mengembangkan literasi kimia pada konsep koloid. Metode penelitian yang digunakan adalah one-shot case study kepada 39 siswa kelas XI IPA 5. Informasi diperoleh dengan mengukur aktivitas siswa selama pembelajaran, penyelesaian siswa pada Lembar Kerja Siswa (LKS) pada setiap tahapan pembelajaran PLGI, serta kemampuan literasi kimia siswa setelah pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada aktivitas siswa selama pembelajaran PLGI yaitu rata-rata 95%, dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil yang didapat pada penyelesaian LKS pada setiap tahapan pembelajaran PLGI yaitu rata-rata 86 dan dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata tertinggi 92 pada tahap mengumpulkan data dan nilai terendah 75 pada tahap merumuskan hipotesis. Nilai rata-rata kemampuan literasi kimia 70 dikategorikan baik. Hasil ini diperoleh karena pembelajaran PLGI membuat siswa aktif menggali informasi dari tutor sebaya, sehingga dapat mengembangkan literasi kimia. Dengan demikian pembelajaran PLGI ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk mengembangkan literasi kimia pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Kimia; Pembelajaran PLGI; Koloid.
Subjects: Chemistry and Allied Science > General Publications of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ai Hopsyah Safitri
Date Deposited: 18 Oct 2018 06:19
Last Modified: 18 Oct 2018 06:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15870

Actions (login required)

View Item View Item