Indrianto, Laksono (2018) Korelasi antara keterampilan Hand-Drawing dengan keterampilan berpikir kreatif Siswa melalui model pembelajaran Picture And Picture pada materi sistem Pencernaan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (823kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dan mengembangkan ide pada proses pembelajaran karena rendahnya keterampilan berpikir kreatif yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan antara keterampilan Hand-drawing dengan keterampilan berpikir kreatif siswa pada sekolah menengah atas tahun ajaran 2017/2018 di Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan metode penelitian korelasional. Desain penelitian menggunakan metode exposed facto. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah seperangkat tes esai, rubrik keterampilan hand-drawing, angket, dan lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, N-gain, regresi dan korelasi. Hasil analisis data keterampilan hand-drawing Thitung(3,714)<Ttabel (7,81) dan keterampilan berpikir kreatif siswa Thitung(2,968)<Ttabel(7,81) keduanya berdistribusi normal. Sedangkan keterampilan hand-drawing menggunakan model pembelajaran picture and picture diperoleh persentase sebesar 74,4 % dengan kriteria baik dan keterampilan berpikir kreatif menggunakan model pembelajaran picture and picture diperoleh gain sebesar 12,6, sedangkan nilai N-Gain sebesar 0,3 dengan tafsiran sedang. Kesimpulan pada penelitian ini diperoleh nilai Thitung (7,411) > Ttabel (2,07). Artinya pada taraf signifikansi 5% dan koefisien korelasi sebesar 0,728 terdapat hubungan yang kuat antara keterampilan hand-drawing dengan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran picture and picture pada materi sistem pencernaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hand-Drawing; Korelasi; Sistem; Pencernaan; Berpikir; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | laksono indrianto |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 07:37 |
Last Modified: | 26 Oct 2018 07:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15873 |
Actions (login required)
View Item |