Alawiyah, Lula Shinseda (2018) Layanan konseling kelompok untuk meningkatkan self-efficacy siswa: Studi kasus di MA Al-Jawami, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan suatu negara. Pendidikan pula yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama di zaman yang sudah serba canggih ini. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam dunia pendidikan tidak semua berjalan dengan baik. Usaha para siswa untuk mendapatkan nilai yang bagus sering kali menyimpang dan tidak jarang mereka mengerjakan tugas dengan mencontek dari temannya atau bahkan tidak membuat tugas sekolah sama sekali. Hal tersebut terjadi karena kurangnya kepercayaan diri akan kemampuan yang dimiliki oleh tiap individu dan mengakibatkan siswa tidak percaya diri pula untuk merencanakan dengan matang cita-cita yang ingin digapainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program konseling kelompok, proses pelaksanaan konseling kelompok, faktor pendukung dan penghambat layanan konseling kelompok, dan hasil yang dicapai dari layanan konseling kelompok dalam meningkatkan self-efficacy siswa di MA Al-Jawami Cileunyi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Layanan konseling kelompok di MA Al-Jawami dibagi menjadi dua program, yaitu program mingguan dan tahunan. Program mingguan dilakukan guru BK dengan membagi jumlah siswa ke dalam beberapa kelompok dari jurusan berbeda dalam satu angkatan, kemudian guru BK melaksanakan konseling kelompok kepada kelompok yang berbeda setiap minggunya. Adapun untuk program tahunan, guru BK membagi angket ke setiap kelas dan memaparkan materi yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi siswa. Pelaksanaan program layanan konseling kelompok untuk meningkatan self-efficacy siswa di MA Al-Jawami sudah sesuai dengan kaidah konseling kelompok di sekolah, karena tingkat keberhasilannya sangat tinggi. Hasil penelitian dibuktikan dari persentase yang telah didapat dari pengisian angket kepada siswa dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Konseling Kelompok; Self-Efficacy; Siswa |
Subjects: | Causation Education > Ethical Education Education > Psychology of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Lula Shinseda Alawiyah |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 03:24 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 03:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15891 |
Actions (login required)
View Item |