Fauziyah, Fini Syipa (2018) Layanan Bimbingan Rohani Islam dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Siswa:Penelitian di SMK Negeri 9 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Di dalam menjalani rutinitas kehidupan, manusia tidak hanya memenuhi kehidupan jasmaninya saja, namun juga perlu memenuhi kebutuhan rohaninya. Melihat betapa pentingnya kehidupan rohani dalam kehidupan individu maka pemahaman agama hendaknya ditanamkan sejak usia dini, terlebih lagi ketika menginjak usia remaja. Remaja yang masih dalam masa perkembangan akan sangat mudah terpengaruh dengan hal-hal yang baru sehingga moral yang sesuai dengan norma agama terkesampingkan dan pembinaan perilaku yang sesuai dengan aturan agama mengalami hambatan. Hal tersebut terjadi karena rendahnya pemahaman keagamaan yang mengakibatkan siswa berperilaku tidak sesuai dengan nilai-nilai agama. Untuk itulah bentuk usaha yang dilakukan lembaga pendidikan (sekolah) dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa adalah dengan memberikan kegiatan tambahan (ekstrakulikuler) di sekolah yaitu Bimbingan Rohani Islam (Bimrohis) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program bimbingan rohani Islam, proses pelaksanaan bimbingan rohani Islam, dan hasil yang dicapai dari layanan bimbingan rohani Islam dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa di SMK Negeri 9 Bandung. Skripsi ini menjelaskan bahwa bimbingan rohani islam menurut H.M Arifin adalah segala kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam rangka memberikan bantuan kepada orang lain yang mengalami kesulitan-kesulitan rohaninya dalam lingkungan hidupnya agar orang tersebut mampu mengatasinya sendiri karena timbul kesadaran atau penyerahan diri terhadap kekuasaan Tuhannya sehingga timbul pada diri pribadinya suatu cahaya harapan kebahagiaan hidup saat sekarang dan masa depannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah siswa yang sebelumnya masih kurang dalam pemahaman beragama, perilaku sering menyimpang, sering bolos, jarang melaksanakan shalat ke masjid dan sering berkata kasar, proses yang dilakukan dalam bimbingan rohani islam memiliki tiga tahapan, kemudian hasil dari melakukan bimbingan rohani islam menunjukan bahwa siswa yang mendapat bimbingan rohani islam yang dilakukannya beragam dan hasilnya baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Bimbingan Rohani Islam;Perilaku Keagamaan |
Subjects: | Applied Psychology > Interpersonal Relations Applied Psychology > Counseling and Interviewing Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Fini Syipa Fauziyah |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 03:30 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 03:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15893 |
Actions (login required)
View Item |