Pembuatan modul elektronik (e-module) visualisasi proses kesetimbangan kimia berbasis POE (Predict-Observe-Explain)

Sahara, Rita (2018) Pembuatan modul elektronik (e-module) visualisasi proses kesetimbangan kimia berbasis POE (Predict-Observe-Explain). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Visualisasi melalui media pembelajaran telah cukup banyak digunakan dalam membantu kesulitan peserta didik menghubungkan tiga level representasi kimia (representasi makroskopik, submikroskopik dan simbolik). Akan tetapi, visualisasi yang digunakan tersebut kebanyakan belum diintegrasikan dengan petunjuk atau strategi pembelajaran yang tepat sehingga membuat pembelajaran menjadi tidak utuh, termasuk dalam konsep kesetimbangan kimia. Melalui e-module yang diintegrasikan dengan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) diharapkan peserta didik dapat belajar secara mandiri dalam menemukan konsep dan memecahkan masalah. Tiga kegiatan utama dalam e-module visualisasi proses kesetimbangan kimia berbasis POE ini ialah memprediksi, mengamati dan menjelaskan. E-module dibuat dengan menggunakan metode Design Based Research dengan desain ADD (Analysis, Design, Development) yang divalidasi oleh dua dosen ahli materi dan dua dosen ahli multimedia menunjukkan hasil layak digunakan dengan rhitung rata-rata sebesar 0,88 pada aspek pembelajaran; 0,85 pada aspek substansi materi; 0,86 pada aspek tampilan dan navigasi; serta 0,87 pada aspek evaluasi. Hasil uji kelayakan yang dilakukan pada sepuluh mahasiswa menunjukkan hasil sangat layak dengan persentase sebesar 98,11%. Hal tersebut memberikan kesimpulan bahwa e-module visualisasi proses kesetimbangan kimia berbasis POE (Predict-Observe-Explain) sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: e-module visualisasi; kesetimbangan kimia; model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain)
Subjects: Education, Research
Chemistry and Allied Science > General Publications of Chemistry
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rita Sahara Rita
Date Deposited: 24 Oct 2018 07:52
Last Modified: 24 Oct 2018 07:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15911

Actions (login required)

View Item View Item