Wildayati, Resti (2018) Optimalisasi pelayanan haji dalam meningkatkan kepuasan jamaah: studi deskriptif di Bidang Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) kementerian Agama Kabupaten Karawang. Diploma thesis, uin sunan gunung djati bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (357kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
Abstract
Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang kelima, yang diwajibkan Allah bagi hambanya yang mampu untuk melaksanakannya. Kementerian agama kabupaten karawang merupakan instansi yang berperan dalam pelaksanaan ibadah haji salah satunya bidang Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU). Oleh karena itu kementerian agama memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji diantaranya adalah memberikan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tangible (wujud) fasilitas pelayanan di bidang penyelenggaraan haji dan umrah, responsiveness (ketanggapan) dalam membantu dan menyediakan pelayanan dan assurance (Jaminan) yang diberikan dalam meningkatkan kepuasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan teknik obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks jurusan Manajemen Dakwah. Berdasarkan hasil penelitian dan data yang didapatkan dari optimalisasi pelayanan haji dalam meninkatkan kepuasan jamaah dapat ditarik kesimpulan bahwa 1). Wujud fasilitas pelayanan di bidang penyelenggaran haji dan umrah (PHU) sudah memadai terbukti dengan adanya kenyamanan tempat dalam memberikan pelayanan, pengggunaan alat-alat teknologi memadai dan adanya penunjang pelayanan haji satu atap yang dapat memudahkan, 2). Ketanggapan dalam membantu dan menyediakan pelayanan dilakukan dengan menempatkan staf sesuai dengan keahlian masing-masing staf, 3). Jaminan yang diberikan dalam meningkatkan kepuasan dilakukan dengan melalui adanya jaminan administrasi, jaminan keamanan, dan jaminan keilmuan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelayanan; haji; kepuasan; |
Subjects: | Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Unnamed user with email restiw@student.uinsgd.ac.id |
Date Deposited: | 21 Nov 2018 07:59 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 06:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15914 |
Actions (login required)
View Item |