Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap bisnis subscription box

Astika, Riska (2018) Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap bisnis subscription box. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Absrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy

Abstract

Subscription Box merupakan praktik penjualan secara berulang/terus menerus terhadap barang pesanan pelanggan yang dapat dikirim secara fisik yang dikemas dan didesain secara khusus untuk memberikan nilai tambah di atas produk ritel sebenarnya kedalam suatu kotak/box, yang secara umum memiliki konsep surprise sebagai preposisi nilai pelanggannya yakni secara sengaja pelanggan dibiarkan tidak tahu secara spesifik barang yang menjadi objek dari bisnis subscription box. Peneliatian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana konsep dan pelaksanaan bisnis subscription box serta untuk megetahui bagaimana pelaksanaan bisnis subscription box berdasarkan hukum ekonomi syariah. Penelitian ini berdasarkan dari pemikiran bahwa preposisi nilai pelanggan berupa surprise yang secara umum digunakan oleh perusahaan subscription box tidak sesuai dengan ketentuan mengenai objek dari bai’ al-salam (jual beli dengan penyerahan barang di akhir), yakni ketidaktahuan pelanggan akan spesifikasi barang yang dipesannya sehingga berpotensi masuk kedalam kategori bai’ al-gharar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris/sosiologis namun menggunakan analisis kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa term of use/term of service dari perusahaan VeganCuts, Ipsy, TopMunch, Dollar Shave Club dan Once Upon a Book. Serta data sekunder berupa buku, jurnal, dan artikel mengenai subscription box dan mengenai hukum ekonomi syariah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi dokumentasi, studi kepustakaan, dan wawancara yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hukum ekonomi Syariah, pelaksanaan bisnis subscription box yang dikategorikan sebagai nonsurprised subscription box dan hybrid subscription box memenuhi keseluruhan rukun dan syarat/ketentuan dari bai’ al- salam sebagaimana diatur dalam teori fiqh mu’āmalah, fatwa DSN MUI No. 05/DSN-MUI/IV/2000 tentang Jual Beli Salam, dan KHES Buku II tentang Akad Bab V tentang Akibat Bai’ Bagian Ketiga tentang Bai’ Salam, sehinga hukumnya adalah sah. Sedangkan pelaksanaan bisnis subscription box yang dikategorikan sebagai surprised subscription box tidak memenuhi syarat/ketentuan dari objek bai’ al-salam karena objek pesanannya tidak diketahui secara spesifik (jenis, macam dan sifatnya), tidak diketahui ukuran/kuantitasnya, dan tidak diketahui kualitasnya., serta ketidakjelasan objek barang pesanan tersebut telah menjangkau keseluruhan parameter gharar al-katsir. Sehingga hukumnya adalah batal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Subscription Box; Bai’ al-Salam; Bai’ al-Gharar
Subjects: Islam > Islam and Economics
Econmics
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ms. Riska Astika
Date Deposited: 19 Oct 2018 08:03
Last Modified: 19 Oct 2018 08:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15917

Actions (login required)

View Item View Item