Fungsi organisasi ekstra kampus dalam pemilihan dan pengawalan stabilitas politik intra kampus: Studi deskriptif PMII Rayon FISIP Cabang Kota Bandung

Ma'ruf, Muhammad (2018) Fungsi organisasi ekstra kampus dalam pemilihan dan pengawalan stabilitas politik intra kampus: Studi deskriptif PMII Rayon FISIP Cabang Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrack.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftatPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan multi-sektoral di dalam mahasiswa kampus yang menganggap kurangnya kontribusi organisasi ekstra kampus terhadap Organisasi Intra Kampus. Organisasi ekstra kampus sangat berperan penting dalam pemilihan dan pengawalan stabilitasan politik intra kampus. Karena dalam setiap pemilihan ketua di organisasi intra kampus, organisasi ektra kampus akan menyusun stratak (Strategi dan Taktik) untuk sebuah pemilihan dan pemenangan ketua organisasi intra kampus. Mahasiswa secara umum menganggap kurangnya kontribusi organisasi ekstra dalam pemilihan ketua organisasi intra khususnya PMII Rayon Fisip Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kota Bandung. Untuk pentingnya fungsi organisasi Ekstra Kampus dalam pemilihan dan pengawalan stabilitas politik yang berada di Intra Kampus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori organisasi Max Weber. “Menurut Max Weber organisasi adalah suatu bentuk relasi yang dihasilkan oleh ikatan antarpersonal yang memiliki aturan untuk membatasi dan menata berbagai fungsi yang bersifat regular, menata tindakan individual dan relasi sosial, dan relasi sosial yang terbentuk itu mempunyai seorang kepala dan staf administratif”. Metode penelitian pada dasarnya adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Metode penelitian kualitatif yang pada dasarnya menggunakan metode deskriptif, yang menggunakan cara mengumpulkan data dengan cara obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang akan menghasilkan penelitian bersifat ilmiah. Hasil penelitian ini menjelaskan Kontribusi organisasi ekstra kampus PMII, terhadap pemilihan dan pengawalan stabilitas politik Intra Kampus, termanifestasikan dalam Strategi dan taktik PMII di kontestasi politik yang dilakukan oleh PMII dalam pemilihan dan pengawalan stabilitas politik organisasi intra kampus. PMII melakukan pengelolaan isu strategis. Dalam hal ini PMII mengumpulkan terlebih dahulu isu strategis yang dapat diterima dan dirasakan oleh sivitas akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Fungsi organisasi Ekstra Kampus (PMII) dalam pemilihan dan pengawalan stabilitas politik dalam organisasi Intra Kampus. Fungsi PMII Fisip Dalam mengawal stabilitas politik di dalam organisasi intra kampus, baik secara sikap dan tindakan ialah berawal dari perancangan strategi dan taktik untuk pemilihan ketua organisasi intra kampus. Proses dan Strategi taktik yang dibuat oleh PMII yang pertama ialah membaca realitas yang terjadi ataupun disebut issue strategis yang berada di lingkungan Fakultas ataupun di dalam lingkungan Jurusan. Dengan menganalisa isu strategis tersebut, akan memudahkan para konseptor politik yang berada di organisasi intra kampus khususnya PMII Rayon Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Sosial Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cabang Kota Bandung untuk membuat strategi dan taktik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Organisasi; Politik Kampus
Subjects: Political dan Government Science > Organization and Management of Political Science
Political Process
Political Process > Practical Politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Ma'ruf
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:08
Last Modified: 28 Feb 2019 04:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15932

Actions (login required)

View Item View Item