Persepsi masyarakat mengenai program berita pada stasiun televisi swasta nasional : Studi deskriptif pada masyarakat Kampung Listring, Cilacap, Jawa Tengah terhadap program berita Fokus di stasiun televisi Indosiar

Krisnawati, Febri (2018) Persepsi masyarakat mengenai program berita pada stasiun televisi swasta nasional : Studi deskriptif pada masyarakat Kampung Listring, Cilacap, Jawa Tengah terhadap program berita Fokus di stasiun televisi Indosiar. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy

Abstract

Berita memiliki peranan yang penting dalam memberikan informasi yang faktual serta aktual kepada masyarakat. Berita merupakan sesuatu yang nyata, tidak dibuat-buat serta mengandung peristiwa yang layak untuk dijadikan sebuah sajian yang informatif bagi masyarakat. Program berita yang ditayangkan dalam stasiun televisi merupakan salah satu cara memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat. Dan dari sekian banyak program berita yang ada, Fokus mempunyai ciri khas yang tetap dipertahankan dari waktu ke waktu dan senantiasa menyajikan berita dengan kualitas baik sehingga banyak pemirsa televisi yang masih setia menyaksikan program berita Fokus di Indosiar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran secara umum mengenai persepsi masyarakat Kampung Listring mengenai program berita Fokus di Indosiar. Dengan tiga fokus pertanyaan yaitu seleksi, interpretasi serta reaksi yang diberikan masyarakat setelah menyaksikan program berita Fokus di Indosiar. Penelitian ini didasarkan pada sebuah teori persepsi yang di jelaskan oleh seorang ahli bernama RD Laing, yaitu teori persepsi. Dimana dalam teori tersebut disebutkan persepsi merupakan proses yang manusia gunakan untuk menginterpretasikan data-data sensori yang datang melalui alat indra manusia. Semua persepsi yang terjadi dalam diri manusia selalu melibatkan sinyal serta sistem saraf. Sinyal yang timbul bisa berupa penglihatan, pendengaran atau meraba secara fisik terhadap sebuah objek (RD Laing dalam Lilliweri, 1994 : 130). Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif. Dengan pendekatan pendekatan kualitatif yang menguunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya seleksi dari masyarakat terhadap program berita Fokus, hal ini terlihat dari masyarakat mengetahui keberadaan program serta merasakan adanya manfaat dari program tersebut. Masyarakat mempunyai ketertarikan serta menyukai program berita Fokus. Masyarakat merasa yakin dan percaya terhadap berita yang ditayangkan, sehingga berkeinginan untuk menyaksikan kembali program berita Fokus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berita; Masyarakat; Persepsi
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Febri Krisnawati
Date Deposited: 22 Oct 2018 03:37
Last Modified: 22 Oct 2018 03:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15944

Actions (login required)

View Item View Item