Yumawan, Restia Lasri (2018) Penerapan pembelajaran licit confront identify resolve reinforce (ECIRR) untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada aplikasi konsep koloid. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada aplikasi konsep koloid dengan menerapkan pembelajaran ECIRR. Pembelajaran ECIRR mengidentifikasi pengetahuan awal siswa, kemudian memfasilitasi siswa untuk memperbaiki pengetahuan awal tersebut serta memperkuat pemahaman konsepnya Metode yang digunakan one shoot case study dengan subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa SMAN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Informasi diperoleh dengan mengukur aktivitas siswa selama pembelajaran ECIRR, kemampuan menyelesaikan lembar kerja siswa (LKS) sesuai tahapan pembelajaran ECIRR, serta kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil keterlaksanaan aktivitas siswa selama pembelajaran rata-rata 93,75 % dengan kategori sangat baik, kemampuan menyelesaikan LKS rata-rata 96,3 dengan kategori sangat baik, dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa rata-rata 77,1 dengan kategori baik. Hasil yang diperoleh disebabkan pembelajaran ECIRR berperan dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Dengan demikian, pembelajaran elicit confront identify resolve reinforce (ECIRR) dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada aplikasi konsep koloid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran ECIRR; Kemampuan berpikir tingkat tinggi; Aplikasi Koloid |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Restia Lasri Yumawan |
Date Deposited: | 23 Oct 2018 10:02 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 03:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16051 |
Actions (login required)
View Item |