Penerapan model everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan memahami cerita pendek : penelitian tindakan kelas siswa di kelas V MI Matlaul Huda Kab.Bandung

Herayani, Ai (2015) Penerapan model everyone is a teacher here untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan memahami cerita pendek : penelitian tindakan kelas siswa di kelas V MI Matlaul Huda Kab.Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (754kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berawal dari realita di lapangan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MI Mathla’ul Huda Kabupaten Bandung masih rendah. Hal ini dikarenakan dari sistem pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah dan hasil belajar kurang maksimal, pada saat pembelajaran dilaksanakan siswa hanya duduk manis di kursi masing-masing sambil mendengarkan guru lalu mencatat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil pembelajaran sebelum menggunakan model Everyone Is A Teacher Here pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam pokok bahasan memahami cerita cerita pendek di MI Mathla’ul Huda; proses pembelajaran model Everyone Is A Teacher Here dalam pembelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan memahami cerita pendek di MI mathla’ul Huda;hasil belajar kognitif siswa kelas V MI Mathla’ul Huda Baleendah - Kab Bandung pada pokok bahasan memahami cerita pendek yang menggunakan model Everyone Is A Teacher Here pada setiap siklusnya. Model Everyone Is A Teacher Heredalam pembelajaran diyakini dapat melatih keterampilan pada siswa, model pembelajaran ini cukup efektif diterapkan masing-masing siswa menjelaskan suatu hal seperti layaknya seorang guru, menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan. Sehingga hipotesis dari penelitian ini adalah penerapan model everyone is a teacher here diduga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, responden sebanyak 14 siswa,dan analisis data dengan statistik sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus masih dibawah KKM yakni 57,86, hasil observasi aktivitas siswa dan guru selalu meningkat pada tiap siklus. Hal ini terlihat dari rata-rata aktivitas siswa yakni siklus I 83,33% dan siklus II100%. Sedangkan aktivitas guru dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil dari observasi mengalami peningkatan yakni siklus I 79,63%, siklus dan II 100%. Kemudian berdasarkan analisis terhadap hasil tes evaluasi siklus I sampai siklus II, hasil belajarkognitif siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata siklus I 65,71, dan siklus II 95,71. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cerita Pendek; Indonesia; Every is a teacher here;
Subjects: Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 05 Nov 2018 09:16
Last Modified: 05 Nov 2018 09:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/16096

Actions (login required)

View Item View Item