Tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dan hubungannya dengan keaktifan belajar mereka pada mata pelajaran PAI : penelitian pada siswa kelas XI akutansi dan pemasaran SMK Bina Warga Bandung

Sulaeman, Asep (2015) Tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dan hubungannya dengan keaktifan belajar mereka pada mata pelajaran PAI : penelitian pada siswa kelas XI akutansi dan pemasaran SMK Bina Warga Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMK Bina Warga Bandung, guru mata pelajaran PAI kelas XI telah menerapkan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Namun pada kenyataannya terlihat siswa jenuh dalam proses belajar mengajar dapat terlihat selama proses pembelajaran berlangsung seperti kurang perhatian, mengantuk, mengobrol dengan sesama teman atau pura-pura mau ke kamar kecil, hanya untuk menghindari kebosanan. Dengan adanya fenomena tersebut, penulis tertarik untuk meneliti apakah ada hubungannya antara tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here dengan keaktifan belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tanggapan siswa kelas XI SMK Bina Warga Bandung terhadap penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here, keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here dengan keaktifan belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertolak dari asumsi teoritik yang menyatakan bahwa faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar seseorang salah satunya yaitu tanggapan. Dari asumsi teori ini diajukan hipotesis semakin positif tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here, maka akan semakin tinggi pula keaktifan belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here adalah tinggi. Hal ini berdasarkan skor rata-rata sebesar 3,79 yang berada pada rentang interval 3,40 - 4,19. Keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI juga tinggi, yaitu skor ratarata 3,77 pada rentang 3,40 - 4,19. Terdapat korelasi antara tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here dengan keaktifan belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Dengan taraf signifikansi 5%, hipotesisnya diterima karena thitung > ttabel atau 1,77 > 1,70. Koefisien korelasi kedua variabel tersebut sebesar 0,24. Hal ini berarti korelasinya rendah karena berada pada interval 0,20 – 0,40. Adapun kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 6%, dengan demikian masih ada faktor lain sebesar 94% yang dapat mempengaruhi keaktifan belajar siswa kelas XI SMK Bina Warga Bandung pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Everyone is a teacher; SMK Bina Warga Bandung; PAI;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 31 Oct 2018 07:36
Last Modified: 31 Oct 2018 07:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16111

Actions (login required)

View Item View Item