Rahmawati, Sri Arini (2015) Penerapan model pembelajaran scientific inquiry untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa SMA pada materi fluida statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2._ABSTRAK.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III LAPORAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV KESIMPULAN.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi di SMA Mathla’ul Anwar, proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, siswa tidak terlibat aktif dalam menemukan pemahaman dan pengetahuannya. Hal tersebut berimplikasi pada rendahnya KGS siswa. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan model pembelajaran scientific inquiry, yaitu sebuah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memecahkan suatu permaslahan melalui percobaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran scientific inquiry dan peningkatan KGS siswa pada materi fluida statis. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Mathla’ul Anwar yang berjumlah dua kelas, sementara sampelnya adalah kelas XI IPA 1. Penentuan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Hasil rata-rata penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru berkategori baik dengan persentase 93,66% dan keterlaksanaan aktivitas siswa berkategori baik dengan persentase 88,50%. Terdapat peningkatan KGS siswa pada materi fluida statis dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,60 berkategori sedang. Diperoleh hasil Z_hitung (4,03)>Z_tabel (1,69) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Scientific inquiry; keterampilan generik sains; fluida statis; |
Subjects: | Physics Physics > Data Processing and Analysis of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 09:09 |
Last Modified: | 01 Nov 2018 09:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16122 |
Actions (login required)
View Item |